Mencari Jurnal Online, Part 1

Mencari jurnal online

Pada postingan kali ini saya akan berbagi beberapa tips dalam mencari jurnal online. Tips yang akan saya bagikan adalah nyata apa yang saya praktikkan dan lakukan sendiri dalam mencari jurnal online atau artikel ilmiah di Internet.

Sebelum itu, berikut adalah beberapa istilah yang mungkin kebanyakan orang masih belum paham atau masih salah dalam mengartikannya. Dalam hal ini akan saya jelaskan dengan singkat, yaitu:

Jurnal

Merupakan publikasi berkala, biasanya memiliki satu judul tetap dan diterbitkan setiap bulan atau setiap tahun. Isi dari jurnal adalah artikel-artikel ilmiah. Bisa dibilang, jurnal adalah buku kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan secara berkala.

Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah inilah yang sering kita sebut sebagai jurnal. Artikel ilmiah merupakan versi ringkas dari laporan hasil penelitian. Memiliki judul yang spesifik. Artikel ilmiah dalam jurnal biasanya dikategorikan sesuai bidangnya dan diberi nomor urut atau daftar.

DOI

Merupakan singkatan dari Digital Object Identifier, adalah alat pengenal permanen yang digunakan pada suatu dokumen elektronik. DOI distandarisasi oleh International Organization for Standardization (ISO). Info lebih lengkap, klik disini. DOI ini biasanya muncul pada artikel ilmiah internasional, yang paling mudah contohnya adalah pada artikel ilmiah yang terdaftar di Elsevier.

ISSN

Singkatan dari International Standard Serial Number atau dalam bahasa Indonesia (Nomor Seri Standar Internasional) adalah sebuah nomor unik yang digunakan untuk identifikasi publikasi berkala media cetak ataupun elektronik.

ISBN

Sama seperti ISSN, hanya saja ISBN dipergunakan untuk indetifikasi buku.

Untuk lebih jelasnya, lihat pada gambar:
Cara mencari jurnal online

Cara mencari jurnal online

Tips Mencari Artikel/Jurnal Online

Berikut beberapa tips mencari jurnal online:
  1. Kita harus tahu jurnal tentang apa yang ingin kita cari, tema, topik khusus, atau judulnya.
  2. Yang paling umum, ketik tema, topik, atau judul yang diinginkan secara jelas pada mesin pencari. Dari hasil pencarian yang diperoleh, kita dapat mengerucutkan hasil yang ada dan menentukan pencarian yang lebih spesifik.
  3. Identifikasi artikel yang relevan.
  4. Untuk memudahkan dalam mengunduh, tentukan format file. Untuk file pdf, ketik dengan format (nama berkas) filetype:pdf pada mesin pencari Google.
  5. Gunakan Google Scholar/Google Cendekia. Disini kita dapat menambahkan info untuk pencarian yang lebih spesifik, seperti tahun penerbitan, nama penulis, penerbit, dll.
  6. Kunjungi situs web penyedia jurnal online.
  7. Cari jurnal yang open source, agar dapat mengunduh secara gratis. Kecuali  kita memiliki akses dari sebuah lembaga yang berlangganan jurnal tersebut. Universitas atau institusi pendidikan biasanya berlangganan dalam penyediaan jurnal-jurnal dan hasil riset semacam ini. PS. Ada cara agar kita dapat mengunduh jurnal berbayar secara gratis, akan dijelaskan di postingan selanjutnya.
  8. Kunjungi repository/perpustakaan daring kampus. Ini sangat membantu apabila ingin mencari skripsi, tesis, dan disertasi.
Mencari jurnal online

Situs Web Penyedia Artikel/Jurnal

Berikut beberapa situs web penyedia artikel yang paling sering saya kunjungi:
  1. ScienceDirect
  2. Google Scholar
  3. ResearchGate
  4. DOAJ
Saya pribadi hanya menggunakan beberapa situs web itu, dan sudah cukup memenuhi kebutuhan dalam hal pencarian jurnal online. Ada banyak sekali situs web penyedia jurnal online di Internet baik yang gratis maupun berbayar. Hanya perlu sedikit usaha untuk mencarinya di mesin pencari.

Demikian tips dari saya. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Lanjut ke part 2.

Comments