Mencari Jurnal Online, Part 2

Cara Mencari Jurnal Online

Mencari Jurnal Online - Postingan ini adalah kelanjutan dari postingan minggu lalu. Pada postingan ini saya akan menjelaskan cara agar dapat mengunduh jurnal berbayar secara gratis. Untuk itu, kita butuh situs seperti Sci-Hub dan LibGen. Mungkin ada banyak situs web semacam ini, namun dalam hal ini saya akan membahas 2 situs ini saja.

Yang pertama adalah Sci-Hub adalah situs web yang menyediakan akses gratis ke artikel dan buku, termasuk yang paywalled atau berbayar. Didirikan oleh Alexandra Elbakyan pada tahun 2011 sebagai reaksi dari mahalnya akses ke artikel berbayar.

Lalu LibGen atau Library Genesis adalah search engine untuk artikel dan buku dalam berbagai topik. Sama seperti Si-Hub, LibGen juga menyediakan akses gratis ke hal yang sama.

Cara agar dapat mengunduh jurnal berbayar secara gratis

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari jurnal/artikel yang ingin diunduh. Ketika sudah didapat tetapi kesulitan dalam mengunduh atau harus membayar terlebih dulu, saat itulah situs ini berfungsi efektif. Misalkan kita menemukan jurnal yang ingin kita unduh di ScienceDirect tetapi harus membayar agar dapat mengunduhnya, saat itulah kita gunakan situs web ini.
  2. Copy judul atau DOI (Digital Object Identifier) jurnal tersebut. PS. Untuk DOI hanya copy bagian setelah "https://doi.org/" seperti pada gambar.
  3. Masuk ke laman situs Sci-Hub atau LibGen.
  4. Paste judul atau DOI tadi.
  5. Klik "Open" untuk Sci-Hub, "Search!" untuk LibGen. PS. Untuk LibGen jika ingin mencari jurnal atau artikel ilmiah, pastikan memilih "Scientific articles" atau jurnal yang dimaksud tidak dapat ditemukan.
  6. Situs web akan memproses pencarian, klik download link yang disediakan.
  7. Selesai.
Cara Mencari Jurnal Online

Cara Mencari Jurnal Online
Demikian cara agar dapat mengunduh jurnal berbayar secara gratis. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Kembali ke part 1.

Comments