Beli Domain untuk Blog Pribadi

Beli domain murah untuk blog pribadi di Qwords.

Bergabung ke Komunitas Blog M Blogger Medan membuat saya memutuskan agar lebih serius lagi dalam blogging. Keputusan itu saya laksanakan salah satunya dengan membeli domain sehingga blog ini tidak lagi punya embel-embel blogspot di belakangnya, dan tepat pada tanggal 25 Mei lalu saya telah jadi membeli domain dan blog ini resmi menjadi sactiest.com. Sebelumnya saya juga pernah membeli domain untuk blog saya yang lain yaitu nyasarjurusan.com yang sekarang sudah berubah nama menjadi materifarmasi.id, blog yang punya niche seputar farmasi dan kesehatan.

Kenapa .com? Saya membeli domain dengan ekstensi .com karena domain dengan ekstensi .com adalah yang paling banyak digunakan di Internet. .com adalah ekstensi domain tertua dan terbesar di Internet, sebanyak 46% situs di Internet menggunakan akhiran domain .com dan kebanyakan orang akan menganggap suatu situs web akan berakhir dengan .com. Hal tersebut adalah pemikiran paling default menurut saya mengingat domain dengan ekstensi .com adalah domain yang paling familiar saat ini. Beberapa blogger yang saya kenal juga banyak yang menggunakan .com terlepas blog yang dibangunnya adalah blog pribadi meskipun tidak menutup kemungkinan beberapa dari mereka juga menggunakan domain .id dan domain lainnya. Saya pribadi masih sangat setuju dengan .com.

Untuk lebih jelasnya tentang apa itu domain dan bagian-bagiannya, silakan baca di sini. Lebih singkatnya, silakan lihat gambar dari websitespot di bawah ini,

Bagian-bagian dari URL

Lalu, dari mana domain ini bisa diperoleh? Bagaimana cara memasangnya? Saya selalu membeli domain di Qwords. Qwords adalah salah satu penyeida layanan hosting Indonesia terpopuler. Telah berdiri sejak Juli 2005 dan sekarang telah memiliki jumlah pelanggan terbanyak keenam di Indonesia versi HostAdvice. Qwords juga menyediakan tutorial cara memasang domain ke blog dan layanan bantuan CS dan Techinal Support 24 Jam yang fast response. Qwords juga menjadi tempat saya untuk melakukan cek domain, hal ini menjadi penting jika kedepannya saya akan beli domain lagi.

Jika kamu mencari di Google tentang manfaat apa yang bisa diperoleh dengan membeli domain, akan sangat banyak sekali alasan dan manfaatnya tergantung pada pribadi dan keperluan masing-masing. Alasan saya pribadi kenapa membeli domain sendiri alih-alih hanya menggunakan domain gratis dari Blogger (sactiest.blogspot.com) adalah,

1. Bukti Keseriusan dan Motivasi

Agar lebih serius dan sebagai motivasi untuk terus blogging. Domain sudah dibeli, akan sangat disayangkan apabila tidak dimaksimalkan penggunaannya. Blog ini sebisa mungkin akan saya bangun, diisi oleh konten yang bagus, dan saya sebarluaskan. Blog ini juga bisa menjadi sarana personal branding saya.

2. Meningkatkan Kredibilitas

Alasan lain kenapa saya membeli domain adalah agar meningkatkan kredibilitas blog saya di Internet. Tentu saja konten yang bagus tetap akan menjadi konten yang bagus, namun kenyataannya orang-orang dan saya pribadi akan tetap lebih memilih atau mempercayai informasi yang berasa dari situs yang kredibel. Jelas, punya domain sendiri dapat meningkatkan kredibilitas suatu blog.

3. Berguru pada Blogger Senior

Sudah banyak rekan-rekan dan senior di Komunitas Blog M Blogger Medan yang benar-benar menjadi professional blogger. Berdasarkan pengamatan saya, para professional blogger ini selalu punya domain mereka masing-masing. Tidak ada yang menggunakan domain gratis. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang hosting sendiri, berbeda dengan saya yang hanya membeli domain dan perihal hosting masih saya serahkan kepada Blogger. Domain di sini punya peranan penting, tidak hanya untuk keperluan branding, domain yang unik juga meningkatkan kepercayaan dan dapat dimanfaatkan dalam urusan bisnis.

4. Sebagai Sarana Bisnis

Kemungkinan untuk menjadikan blog saya sebagai sarana bisnis. Blog yang punya domain sendiri dapat meningkatkan kepercayaan. Sama seperti poin nomor 3, jika mungkin blog ini menjadi sarana bisnis kenapa tidak?

Sampai di tahap ini timbul pertanyaan lain yaitu, apa itu hosting? Untuk menjawab secara lengkap, silakan baca di sini. Qwords juga menyediakan layanan hosting murah.

Dengan terbelinya domain dan blog ini official sudah menjadi sactiest.com, saya berharap dan berusaha akan terus semangat belajar blogging dan semoga kali ini konsisten tidak seperti yang lalu-lalu. Cek domain yang tersedia lalu beli domain khususmu di Qwords. Salam blogger.

Comments