Memaksimalkan Teknologi Informasi di Tengah Pandemi

Memaksimalkan Teknologi Informasi di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 memaksa orang-orang untuk melek teknologi. Tren online course, online/virtual meeting, online class, webinar, remote working, work from home, dan lain sebagainya sangat meningkat akhir-akhir ini. Orang-orang harus belajar untuk mulai dan terbiasa dengan sistem daring, untuk menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi lebih sering dan lebih baik lagi.

Apa sebenarnya teknologi informasi itu?

Teknologi informasi adalah teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Termasuk aplikasi surel, pesan singkat, dan sosial media yang terpasang di semua ponsel. Sadar atau tidak, semua orang memanfaatkan teknologi informasi setiap hari.

Sejalan peningkatan dan perkembangan teknologi informasi ini, bagaimana agar ekosistem informasinya tetap terjaga, positif, dan meminimalkan tersebarnya hoax dan menyebabkan misinformasi?

Apa saja yang bisa dilakukan?

Dapat dimulai dengan hal kecil dari diri sendiri yaitu tidak meneruskan informasi yang kiranya tidak benar, selalu memastikan informasi yang diterima adalah valid, dan mengingatkan sekitar untuk berlaku sama. Melakukan sharing hal-hal bermanfaat ke sosial media dan keep in touch dengan keluarga, semua dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Harus dilakukan usaha untuk meningkatkan kecerdasan dan kebijaksanaan dalam penggunaan teknologi informasi.

Pada masa pandemi ini juga, timbul masalah baru yang mengharuskan pembatasan mobilitas, PSBB, zona merah, lockdown, dan sebagainya termasuk larangan mudik pasca Ramadan lalu.

Bagaimana agar komunikasi tetap terjaga meskipun dihadang oleh lockdown, PSBB, dan sebagainya?

Kembali dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk saling berkabar, menjaga komunikasi serta hubungan dengan keluarga. Beruntungnya, sekarang ini sudah diberlakukan situasi new normal dan sudah sedikit lebih longgar dalam hal mobilitas meskipun harus tetap menjaga protokol kesehatan yang dihimbau pemerintah secara ketat dan konsisten.

Apa yang dapat dimanfaatkan dan dimaksimalkan dari teknologi informasi?

Pemerintah dengan jelas memanfaatkan teknologi informasi dalam menyebarkan informasi berkaitan dengan pandemi ke masyarakat dengan menggunakan situs resmi, sosial media, webinar, dan sebagainya.

Bagi para blogger dan content creator, teknologi informasi dan sosial media sudah jadi makanan sehari-hari. Pengguna dan intensitas penggunaannya yang semakin tinggi memberikan kesempatan kepada mereka untuk meningkatkan influence, menyebarkan kebaikan, menyebarkan awareness, menjalankan bisnis, dan sebagainya. Hal ini termasuk dalam pemanfaatan teknologi informasi, dan situasi akhir-akhir ini yang tidak memungkinkan adanya pertemuan langsung dan pengadaan acara dan kegiatan secara kontak langsung (offline) akan memicu mereka untuk memaksimalkan penggunaan teknologi informasi ini. Shifting dari seminar offline menjadi seminar online dan webinar.

Bagi universitas, dosen, guru, dan tenaga pengajar yang tidak dapat melakukan kegiatan di kelas seperti biasa, teknologi informasi adalah jalan keluarnya. Pemanfaatan aplikasi  webinar dan video call serta cloud dan sosial media untuk sharing materi menjadi hal wajib. Ini adalah contoh pemanfaatan teknologi informasi.

Bagi para pedagang dan pebisnis, harus mulai belajar dan mulai memanfaatkan teknologi informasi. Mau tidak mau harus mulai go online. Begitu juga dengan banyak pekerja dan profesi lain. Ilmu penggunaan teknologi informasi dan sosial media menjadi esensial di masa sekarang ini.

Hal-hal yang tidak dapat dilakukan seperti biasa akan mulai diarahkan mendekatai dan menjadi online. Apakah bisa dilakukan secara daring tanpa perlu bertemu dan bertatap muka langsung? Semua hal akan dipertimbangkan seperti itu. Kembali lagi, hal ini adalah contoh memaksimalkan teknologi informasi.

Apa yang saya lakukan berkaitan dengan memaksimalkan teknologi informasi?

Lomba Blog Qwords

Saya sendiri sudah lama memaksimalkan teknologi informasi dalam berbagai aspek, salah satunya di bidang pendidikan dan kesehatan. Langkah nyatanya adalah saat berbagi materi kuliah, berbagi sumber belajar online, dan sebagainya. Hal ini saya lakukan dengan membuat dan menjalankan blog. Berniat untuk serius dalam menjalankan blog, saya mulai melirik situs penyedia domain, melakukan cek domain apakah domain yang saya inginkan tersedia, dan menjatuhkan pilihan saya kepada Qwords. Qwords menyediakan berbagai pilihan domain menarik dengan harga murah dan telah membatu saya membangun identitas digital saya. Qwords memudahkan saya dalam memperoleh domain blog dengan penawaran harga yang terjangkau. Terhitung sudah dua tahun saya berlangganan domain dari Qwods dan tidak pernah ada masalah.

Selain itu, Qwods adalah salah satu penyedia Web Hosting terbaik di Indonesia, telah berdiri sejak bulan Juli 2005 dengan fokus utama layanan penyewaan Web Hosting Murah, Layanan Cloud Hosting, Layanan VPS, Layanan Dedicated Server, Layanan Email Hosting, Pendaftaran Domain, SSL, Digital Signature dan layanan lainnya. Tentu saja, hal inI termasuk dalam memaksimalkan teknologi informasi.

Bagaimana cara memaksimalkan teknologi informasi?

Ada banyak sekali cara dalam memaksimalkan teknologi informasi, sesuai kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Jika menggunakan blog dan situs dalam pemanfaatan teknologi informasi, wajib mengunjungi situs Qwords agar dapat melihat apa yang dapat Qwords lakukan dalam membantu dan memudahkan pemanfaatan teknologi informasi.

Kondisi dan situasi pandemi ini memaksa orang-orang untuk meningkatkan minat dan belajar tentang teknologi informasi, bagaimana memanfaatkan, dan memaksimalkannya. Apa yang sudah dilakukan dalam Memaksimalkan Teknologi Informasi di Tengah Pandemi ini?

Comments