Cara Saya Terus Sebarkan Kebaikan. Bagaimana caramu?

Blog M Keroyokan

Apasih kebaikan itu?

Kebaikan bisa berupa banyak hal mulai dari membagikan paket bantuan kepada orang yang membutuhkan, menggalang dan menyalurkan sumbangan, bekerja dengan tulus ikhlas tanpa pamrih, sampai yang paling ringan adalah sekadar membagikan senyuman. Sadar atau tidak seseorang dapat dengan mudah menyebarkan kebaikan dimana saja, kapan saja, dan kepada siapa saja.

Sering didapati pernyataan di media sosial bahwa, bagaimanapun keadaan kita sebisa mungkin tetaplah berbuat baik meskipun sedikit. Hal ini bisa jadi hal yang besar dan dapat sangat membantu bagi orang lain.

#TerusSebarkanKebaikan

Kondisi sekarang ini yang sering disebut dengan new normal atau kenormalan baru seharusnya tidak membatasi orang-orang untuk mulai dan tetap menyebar kebaikan, apapun itu bentuknya. Komunitas Blog M Blogger Medan bersama dengan XL Axiata telah melakukan aksi menyebarkan kebaikan dengan membagikan paket bantuan untuk warga Medan yang terdampak situasi wabah COVID-19 pada Ramadan lalu, dan bulan ini tagar #TerusSebarkanKebaikan masih terus digunakan pada kegiatan bulanan rutin Blog M Blogger Medan yaitu Blog M Keroyokan. Blog M Blogger Medan bersama dengan XL Axiata melalui hal ini mengajak semuanya untuk terus produktif sekaligus menyebarkan kebaikan dalam bentuk apapun termasuk dengan menulis blog.

Apa yang dapat dilakukan untuk terus sebarkan kebaikan?

Pertanyaan ini dapat dijawab dengan sederhana. Lakukan yang terbaik apapun yang kamu lakukan, sebisa mungkin berikan pengaruh positif ke lingkungan sekitar. Jika bisa berdonasi, menjalankan aksi kebaikan dalam skala besar di komunitas, itu adalah hal yang hebat untuk dilakukan. Jika tidak mungkin, menulislah untuk sebarkan kebaikan atau bahkan hanya sekadar memberikan senyum kepada orang-orang di sekitar, itu juga merupakan aksi kebaikan.

Saya adalah intern apoteker di salah satu Pedagang Besar Farmasi (PBF) di Kota Medan. PBF kami menangani distribusi alat kesehatan, rapid test kit, masker, hand sanitizer dan obat-obatan untuk penanganan COVID-19. Pesanan dari Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan baik di Medan maupun di sekitarnya yang menangani COVID-19 wajib datang dan kami harus segera mendistribusikannya. Selain bekerja cepat dan tepat dalam penanganan distribusi, kami juga bekerja dengan sungguh-sungguh dan berniat bahwa yang kami lakukan adalah untuk membantu orang-orang dan meringankan beban mereka yang terkena dampak buruk COVID-19, orang-orang yang bekerja keras melawan COVID-19 setiap hari selama pandemi ini. Secara langsung maupun tidak langsung kami berkontribusi pada percepatan penanganan COVID-19. Saya dan rekan-rekan di PBF memastikan mereka cepat mendapatkan distribusi obat-obatan dan alat kesehatan demi cepat usainya kondisi dan situasi sulit ini. Tidak hanya sekadar menjalankan bisnis, tetapi lebih kepada membangun dan memupuk rasa kemanusiaan serta bekerja untuk kemanusiaan. Kami selalu berusaha melakukan yang terbaik.

Terus sebarkan kebaikan

Begitu juga dengan rekan-rekan di fasilitas kesehatan lain terutama di Apotek. Teman-teman di Apotek juga melakukan hal yang sama, setiap hari berhadapan dengan puluhan jika bukan ratusan pasien yang harus ditangani sama baik dan sama profesionalnya. Mereka yang di garda depan ini terus menyebarkan kebaikan dengan melayani mereka yang membutuhkan, memberikan informasi tanpa lelah tentang pentingnya memakai masker dan hand sanitizer, tidak lupa membagikan senyum yang mudah-mudahan meringankan beban dan kesulitan masyarakat. Sesuai bunyi pada sumpah Apoteker, “saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan terutama dalam bidang kesehatan”. Inilah cara kami menyebarkan kebaikan.

Bagi saya, semua ini adalah salah satu bentuk menyebarkan kebaikan. Berkontribusi langsung untuk masyarakat. Masing-masing kita punya peran berbeda. Saya dan apoteker lain selalu berusaha untuk menyebarkan kebaikan dalam pekerjaan kami sehari-hari. Begitu juga dengan teman-teman lain yang melakukan hal sama dengan cara yang berbeda-beda, terus sebarkan kebaikan.

Hal-hal seperti itu adalah sekian contoh yang kami lakukan dalam campaign #TerusSebarkanKebaikan ini. Ini cerita saya, bagaimana denganmu? Apa yang kamu lakukan untuk terus sebarkan kebaikan? Bagaimana caramu sebarkan kebaikan?

Terus sebarkan kebaikan

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog M Keroyokan Juni 2020 x #myXLSumatera.

Comments