Blogger Pendidikan Sukses Lewat Internet? Tentu saja

Blogger pendidikan sukses lewat internet

Siapa Saja Bisa Sukses Lewat Internet

Pada masa sekarang ini, sukses lewat internet dapat diperoleh siapa saja.

Contohnya guru, apoteker, dan tenaga kesehatan lain pun bisa sukses lewat internet dengan menjadi blogger pendidikan atau blogger kesehatan. Hal ini dapat dilakukan dengan membagikan informasi sesuai bidangnya masing-masing dengan tetap memperhatikan keabsahan informasi yang dibagikan dan peraturan kode etik.

Pemilik bisnis juga memiliki kesempatan sukses lewat internet yang sangat besar dengan memasarkan produknya secara digital (digital marketing).

Individu kreatif, artis, dan creator juga memiliki kesempatan yang sama untuk sukses lewat internet dan intenet dapat membantu mereka untuk membangun komunitas lebih mudah.

Saya sebagai apoteker sekaligus blogger yang selain sering mengikuti lomba blog, juga terbiasa untuk menghasilkan konten tulisan yang baik. Awalnya karena ingin menyalurkan hobi menulis dan siapa tahu saya dapat membagikan insight kepada orang banyak.

Akhir-akhir ini saya tertarik dengan yang namanya blogger pendidikan, dan rasanya saya sudah self-proclaim atau menyatakan diri saya sendiri sebagai blogger pendidikan. Hal ini sejalan dengan apa yang telah saya lakukan sejak beberapa tahun lalu, yaitu membagikan materi perkuliahan lewat materifarmasi.id dan membantu mahasiswa farmasi lain dalam melangsungkan pembelajaran.

Definisi Sukses Sebagai Blogger Pendidikan

Pandemi COVID-19 membuat saya berpikir untuk lebih membantu kelangsungan pendidikan dan proses belajar mengajar online. COVID-19 memaksa semua orang untuk go onilne, selain kelas online, materi yang biasanya dapat diperoleh dengan mudah dari buku-buku di perpustakaan sudah tidak bisa lagi diakses seleluasa sebelumnya, akhirnya mencari sumber materi pembelajaran di internet adalah solusi.

Dalam meraih sukses ini, perlu yang namanya converting agar usaha yang dilakukan memperoleh timbah balik dan sebagai amunisi untuk dapat terus dilakukan. Hal ini dapat dilakukan dengan memperoleh pemasukan lewat internet dan dilakukan tanpa mencederai idealisme awal yaitu membagikan insight kepada orang banyak dengan memproduksi konten yang baik dan lulus quality control. Dalam artian tidak semata-mata menguangkan konten, namun uang adalah bonus dari membagikan konten yang berkualitas.

Definisi sukses lewat internet menurut saya sebagai blogger pendidikan adalah dengan dapat terus membagikan konten yang berkualitas sekaligus memperoleh pemasukan dari konten tersebut.

Cara Sukses Lewat Internet bagi Blogger Pendidikan

Ada berbagai cara sukses lewat internet, tergantung definisi sukses masing-masing yang bagi saya salah satunya adalah dengan mengembangkan tulisan menjadi pendapatan. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

Membagikan Freebies

Meskipun tidak langsung memberikan pemasukan, membagikan konten dan produk gratis dapat sangat meningkatkan awareness suatu entitas yang dibentuk. Misalnya adalah materifarmasi.id yang membagikan link bahan belajar dan referensi. Ini akan berguna dan sangat membantu ke depannya dalam melakukan converting.

Menjual Catatan dan Ringkasan Belajar

Menjual ringkasan, catatan, infografis, dll. bisa jadi salah satu cara converting dalam menuju sukses lewat internet dan ini sudah sangat lumrah dilakukan dan sangat membatu pelajar lainnya. Saya menemukan beberapa web yang dikhususkan untuk menjual produk seperti ini. Biasanya produk yang dijual berupa catatan atau ringkasan kuliah, gambar, ilustrasi belajar, kerangka konsep, dll.

Menjual Buku

Ini merupakan hal yang paling dasar selain sebagai membagikan ilmu juga untuk memperoleh pendapatan. Buku yang dijual dapat berupa kumpulan spesifik buku-buku untuk perkuliahan terntentu maupun buku bacaan umum, seconhand maupun baru. Ada banyak individu dan brand yang melakukan ini. Alternatif lain strategi converting selain menjual langsung adalah afiliasi.

Affiliate Marketing

Selain menjual, ada pula yang namanya afiliasi. Di sini seseorang tidak perlu benar-benar menjual produk, hanya saja membantu memasarkan produk yang di jual yang dalam kasus di atas adalah buku dengan menggunakan link afiliasi. Pendapatan akan diperoleh dari hasil  persenan penjualan buku yang diafiliasikan.

Menjual Barang-barang yang Berkaitan dengan Proses Belajar Mengajar

Hal ini juga berlaku sama seperti menjual buku. Kebutuhan pendidikan tidak hanya buku, sangat banyak utility dan ala-alat yang digunakan dalam proses pembelajaran mulai dari pen scanner, sampai webcam.

Course!

Hal ini adalah next level dalam menjual catatan. Alih-alih hanya menjual catatan, kamu membuat produk course tertentu dan benar-benar praktik presentasi dengan niat mengajarkannya kepada orang lain dan membagikan ilmu yang telah kamu peroleh.

Promosi Bimbingan Belajar

Selain itu, menjalin kerja sama dengan bimbingan belajar juga dapat dijadikan pilihan jika sudah punya audiens dan kredibilitas yang baik. Hal ini lebih mirip dengan influencer atau brand ambassador. Hal ini akan sangat disarankan jika antara blogger pendidikan dan lembaga bimbingan belajar punya visi misi yang sejalan.

Membantu memasarkan konten para pengajar lain, serta bekerja sama dengan lembaga pendidikan juga merupakan goal saya punya sebagai blogger pendidikan.

Skill yang Dibutuhkan untuk Sukses Lewat Internet

Dengan semua hal yang berpotensi di atas, butuh kemampuan atau skill untuk memastikan hal tersebut dapat dilaksanakan. Beberapa skill yang saya pikir wajib dibutuhkan oleh blogger pendidikan antara lain adalah:
  • Focus skill
  • Internet basic fundamental
  • Go online skill
  • Membuat website atau blog untuk media membagikan informasi tertulis termasuk hosting
  • Strategi memasarkan konten (content marketing)
  • Teknik dan strategi converting
  • Engagement dan partnering
  • Diversify platform (bagian dari content marketing)
  • Creative skill
Semua itu tidak dapat didownload dan dipelajari dalam sekali duduk. Namun sangat mungkin untuk dikuasai. Beberapa skill di atas dapat diperoleh dari sertifikasi The Fundamentals of Digital Marketing dari Google. Ada banyak sekali referensi dan sumber belajar gratis dalam perjalanan mempelajari skill di atas, YouTube adalah salah satu sumber yang dapat dijadikan pertimbangan utama.

Web dan blog butuh yang namanya hosting, dan layanan hosting Indonesia sudah sangat mudah diperoleh. Salah satu penyedia layanan hosting murah adalah QWords.

Dasar-dasar bisnis dan komunikasi juga dapat diperoleh secara gratis maupun berbayar di Internet, hanya perlu mencari sedikit sekaligus meningkatkan skill internet basic fundamental dan go online. 

Jadi, apapun profesi dan niche yang kita geluti, sukses di internet bukan jadi hal yang mustahil bila kemampuan-kemampuan di atas dikuasai.

Jangan berhenti menulis. Tetaplah berbagi. Salam blogger.

Comments