Cara Sukses Lewat Internet

Cara Sukses Lewat Internet

Apa yang dapat dilakukan agar sukses lewat internet?

Berdasarkan buku Handoko Hendroyono berjudul Do, everyone is a brand. Semua orang bisa bersuara di internet, dan semua orang punya peluang sukses lewat internet.

Hal yang harus diperhatikan baik oleh individu maupun brand adalah niche atau fokus, goal, dan pesan apa yang ingin disampaikan kepada audiens dalam perjalanan meraih sukses di internet. Ini berlaku bagi pemula maupun yang sudah lama berkutat dengan dunia konten dan bisnis di internet.

Hal ini menjadi semakin penting di masa sekarang, terlebih pandemi COVID-19 mau tidak mau memaksakan para individu untuk mulai memanfaatkan internet dan memikirkan bagaimana cara sukses lewatnya.

Di mana bisa dimulai?

Ada banyak sekali media dan platform untuk meraup sukses di internet, mulai dari lokapasar atau marketplace, social media, website, blog, dll.

Juga banyak strategi yang dibagikan untuk dapat sukses di internet.

Apa saja yang bisa dijual? Apa yang bisa dilakukan di platform-platform tersebut untuk sukses?

Beragam, mulai dari menjual barang dan jasa, afiliasi, mengikuti survey berbayar, marketing, ads, dll.

Jasa di sini juga masih luas cakupannya. Bagi para blogger hal ini bisa berupa review, jasa SEO, dll. Bagi para desainer dan studio desain bisa membuka jasa desain lewat internet, memasarkannya lewat media sosial dan marketplace desain. Bagi para penyedia jasa yang belum go online, langkah baru ini harus dilakukan.

Bagaimana teknisnya?

Ada beberapa langkah teknis yang mesti ditempuh dalam perjalan menuju sukses lewat internet. Yaitu,

1. Tentukan Niche

Sangat bervariasi tergantung kebutuhan dan keinginan masing-masing. Bisa itu tentang K-Pop, Anime, masak, makanan, traveling, kesehatan, pendidikan, dll. Niche bisa bersifat general dan spesifik.

2. Pilih Platform

Platform bisa apa saja, tergantung strategi dan produk yang ingin diconvert. Social media sangat penting untuk diperhatikan, mulai Instagram, Twitter, Facebook, YouTube untuk video, Blogger dan Wordpress untuk tulisan, Twitch untuk layanan streaming, Spotify untuk audio, dll. Lalu ada yang namanya marketplace, siapa yang tidak tahu platform satu ini? Rasanya semua yang berkutat dalam penjualan produk barang paham betul prinsip marketplace. Hal yang paling umum adalah dengan membangun awareness di social media dan mengarahkan audiens ke marketplace untuk membeli produk tertentu.

3. Content

Membuat konten dalam melaksanakan pemasaran produk sesuai dengan platforn yang digunakan. Konten yang konsisten akan sangat berpengaruh terhadap awareness. Tentu saja, produk yang ingin ditawarkan dapat berupa konten atau jasa pembuatan konten itu sendiri.

4. Converting

Dapat berupa subscription (sudah banyak web yang dikhususkan untuk converting model ini), dengan menjual produk dan atau jasa, maupun dengan membuka donasi. Sistem donasi lumrah dijumpai pada artis yang sering membagikan konten mereka di internet, para penikmat konten ini dapat melakukan donasi demi kelangsungan creator dalam membagikan karya-karyanya secara gratis. Memberikan akses khusus tertentu (disertai early updates dan perks) untuk audiens yang bargabung dalam komunitas atau grup khusus juga merupakan salah satu cara converting.

5. Nurturing Audience

Engagement sangat penting dalam rangka nurturing the audience. Audiens yang terawat dan percaya kepada creator akan sangat membantu dalam memasarkan produk dan meningkatkan awareness. Contohnya nyatanya yang saya amati sangat beragam, salah satunya adalah dengan membuat channel komunitas di social media Discord. Hal ini menjadikan audiens dan creator menjadi lebih dekat dan tentu saja ada manfaat khusus bagi mereka yang tergabung di komunitas ini.

6. Adaptasi

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah adaptasi. Internet berubah dengan sangat cepat. Instagram 5 tahun yang lalu dengan sekarang sangat jauh berbeda dari segi algoritma dan fitur. Trend juga berubah dengan sangat cepat. Keep up with trends, platforms, and strategy dapat sangat membantu dalam hal meraih sukses lewat interent. Kemudia yang paling penting, adaptasi kebutuhan pasar, audiens, dan komunitas.

Studi Kasus

Langkah prinsip ini dapat diterapkan bagi siapa saja, termasuk bagi para pedagang pasar tradisional dan grosiran. Go online akan membuka kesempatan-kesempatan baru dan membuka peluang sukses lebih besar.

Jadi bagi mereka yang biasanya alih-alih hanya berjualan di marketplace, pertimbangkan untuk melaksanakan langkah-langkah di atas. Tentu akan lebih membuka kesempatan sukses lewat internet.

Contoh yang paling mengena tentang niche adalah ketika suatu individu (katakanlah penggemar K-Pop) yang sehari-hari mengkonsumsi dan berbagi hal-hal mengenai K-Pop dan Idol. Peluang sukses di internet bagi mereka dapat sangat besar jika dimanfaatkan dengan baik.

Contoh kasus adalah seorang K-Pop Enthusiast yang bisa dikatakan sukses dan memiliki valuasi puluhan juta per bulan yang juga merupakan kenalan saya. Apa yang dilakukannya adalah membagikan ketertarikannya tentang K-Pop di sosial media, spesifiknya Twitter. Tentu saja hal-hal kecil seperti ini jika dilakukan dengan konsisten akan dapat membangun suatu komunitas.

Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah mulai berjualan dan memasarkan produk-produk yang laku keras di komunitas tersebut. Transaksinya dilaksanakan via marketplace.

Hal ini terus dilakukan sambil melakukan komunikasi dan engagement kepada para individu di dalam komunitas tersebut sambil terus memperhatikan perkembangan di niche, produk, dan media convertingnya yaitu marketplace. Tanpa sadar dia sudah melakukan keenam langkah sukses di atas.

Contoh lain adalah dengan membuat produk podcast, konten yang akhir-akhir ini sangat digemari. Pemasarannya dapat dilakukan juga melalui social media. Beberapa creator yang saya ikuti juga membuat komunitas VIP di Discord. Being in this Discord channel of them adalah suatu hal yang penting bagi para audiens, mereka dapat memperoleh update yang lebih cepat tentang produk apa yang sedang dikerjakan oleh creator, info special discount, dll.

Sebagai creator, tidak perlu membatasi diri dalam menghasilkan produk. Beberapa creator mendiversify produk mereka mulai dari barang utama yang dipasarkannya, video, podcast, dan jasa. Ada juga yang berupa buku, jasa desain dan ilustrasi, dll.

Kemudian untuk mereka yang jago menulis, sukses lewat internet dapat diperoleh dengan menulis blog, copy, review, ebook, dll yang kontennya berbentuk tulisan. Bagi para penulis, sangat penting jika memiliki presensi di internet, hal ini dapat berupa web maupun blog. Selain sebagai bentuk portfolio, hal ini dapat juga meningkatkan kredibilitas. Dalam hal membangun website dan blog ini, perlu yang namanya hosting dan domain.

Apa pentingnya hosting dan domain?

Untuk meningkatkan kredibilitas. Tentu saja selain sebagai syarat utama yang baik dalam menghadirkan web.

Selain keenam langkah di atas tadi, membangun kredibilitas adalah hal yang sangat membantu untuk sukses lewat internet. Para pemilik toko saatnya go online dengan membangun website toko mereka, memasakan via marketplace, dll. Begitu juga para penyedia produk barang dan jasa lainnya, baik itu pemilik rumah makan, penyedia jasa cleaning service, jasa bimbingan belajar, dll. Memiliki website dapat sangat membatu para creator dan pengusaha untuk lebih mudah ditemukan lewat internet.

Sebuah web atau blog akan menjadi lebih eksklusif jika mempunyai domain sendiri. Seiring dengan ini, platform website dan blog juga butuh yang namanya hosting. Terdapat banyak penyedia layanan hosting murah, salah satu penyedia hosting Indonesia adalah Qwords. Baca lebih lanjut tentang Qwords di sini.

Dengan menerapkan langkah-langkah tadi, kemungkinan sukses lewat internet bukan lagi mimpi. Demikian tulisan singkat saya tentang bagaimana sukses lewat internet, semoga memberikan insight bagi para pembaca. Sudah saatnya menempuh #LangkahBaru dengan go online. Apapun usahamu #OnlineinAja.

Comments