Kaospirasi

Kaospirasi adalah brand apparel yang lahir pada tahun 2018 namun saat ini bisa dibilang sedang mati suri. Dimulai dari kebiasaan mahasiswa gabut yang sering desain kaos custom. Berasal dari kata kaos dan inspirasi, brand ini diharapkan dapat memberikan produk yang bagus dengan desain yang menginspirasi. Kaospirasi mengusung motto "it made for you".

Ini adalah cerita di tahun 2018 lalu, saya bersama seorang teman berencana membangun sebuah brand kaos sekaligus usaha kaos custom. Saya kira ini adalah ide yang bagus karena selain menjual produk dari brand kami sendiri, kami juga menyediakan jasa cetak kaos custom. Kami juga berniat untuk memasarkannya di Instagram. Namun dengan banyaknya pemain lain yang berkecimpung di jenis usaha yang sama, bisa dibilang akan sangat sulit untuk bertahan  bila tidak punya landasan bisnis yang baik dan value yang jelas dari brand yang akan kami bangun. Kebanyakan usaha kaos custom di kota Medan dijalankan oleh toko-toko sablon hanya sebatas menjual jasa sablon. Jadi orang-orang datang kepada mereka dengan membawa desain mereka masing-masing untuk dicetak ke produk baik itu kaos, topi, dll. Hal ini yang saya anggap saat itu kelebihan dari jenis usaha yang kami bangun.

Saat itu saya hadir dengan nama brand Kaospirasi, saya mendesain semua identitas dari brand ini termasuk logo dan merancang konten Instagram. Kesalahan utamanya menurut saya pada saat itu adalah, kami tidak menguasai teknik marketing sama sekali. Jadi bisa dibayangkan dengan semua persiapan desain dan branding itu, kami tetap tidak bisa menjual apapun. Inti dari hal ini sebenarnya adalah bagaimana bisa menjual produk, percuma jika identitas brand itu ada tapi tidak bisa memasarkannya. Orang-orang tidak akan mengenal brand ini jika tidak diiringi dengan marketing yang baik.

Singkat cerita dengan hanya sedikit penjualan dan beberapa offer untuk mendesain kaos custom (yang pada awalnya kami tidak menyediakan jasa desain namun saya lakukan beberapa kali), usaha ini dinyatakan gagal. Hal ini menjadi pelajaran bagi saya untuk lebih banyak belajar dan tidak membangun bisnis dengan hanya bermodalkan semangat dan ikut-ikutan saja tanpa adanya pemahaman yang baik.

Jika ditanya, apakah masih ada niat untuk kembali bangun usaha dengan brand tersebut? Tentu saja ada, dan jika kesempatan ini datang saya akan mulai dengan persiapan yang lebih matang. Membangun sebuah usaha bukan perkara gampang menurut saya, harus diiringi dengan kesiapan ilmu dan niat, konsistensi, dan kerja sama yang baik. Jika prinsip atau dasar bisnisnya bagus, akan ada kemungkinan untuk brand itu sustain.

Untuk mengenang brand ini yang mungkin nanti akan bangkit kembali, berikut beberapa desain yang telah dibuat untuk Kaospirasi.

logo kaospirasi


kaospirasi




kaospirasi


kaospirasi

kaospirasi

Comments

  1. Waah kece juga namanya kaospirasi ya. Sekilas logonya terkesan simple tapi tetap enak dilihat ya. Ya semoga saja ntar kaospirasi bakalan ada lagi dan bisa memproduksi kaos-kaos kece buat anak-anak kekinian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih. Masih belajar juga untuk desainnya. Semoga ada kesempatan lagi, Amin.

      Delete
  2. Dari kaos kita bisa menginspirasi banya orang. Pesan sampai, branding pun dapat. Semoga dipertemukan dengan investor baru, agar bisa semakin berkembang kaospirasinya. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga ada kesempatan lagi. Terima kasih sudah mau mampir Bang Wahyu Blahe, Pakar SEO kita.

      Delete
    2. Mampir itu gratis, yang bayar bajunya biar dibeli langsong..

      Delete
  3. Keren... Terkadang yang kita produksi bagus bisa mati suri karena strategi marketing yg tidak matang. Jd sebaiknya, tetapkan strategi marketing yg baik supaya yg keren ini dikenal byk konsumen. Terus semangat ya...

    ReplyDelete
  4. Memang ya bang usaha itu gak hanya kuat di modal tapi juga matang strategi. Aku pun masih mikir berkali kali kalo luncurin usaha, apa yang bikin kita beda, minimal sedikit lebih beda dari yang lain.

    Mampir juga bg di ulasan Taqabbalallahu minna wa minkum

    ReplyDelete
  5. Semoga usaha abang ga mati suri lagila semoga usaha baju abang jaya raya, mana tau yakan ada investor yang mau gabung atau mau nambah modal, bisa makin besar usaha abang

    ReplyDelete
  6. semoga usahanya bangkit lagi dan sukses jaya bang

    ReplyDelete
  7. Buat bisnis emang gak semudah balikin telapak tangan, tapi kalau gak di mulai kapan bisa nya ya kan bang, mudah mudahan usaha dan bisnis nya makin sukses ya bang :)

    ReplyDelete
  8. Desainnya simpel tapi menarik sekali.

    Semoga usahanya dilancarkan ya. Amin.

    Ditunggu tulisan dan karya kaosnya. Salam.

    ReplyDelete

Post a Comment