Sumber Belajar Copywriting

Sumber belajar copywriting

Jadi, saya sedang dalam perjalanan belajar copywriting (sebenarnya dari dulu, tetapi baru kali ini didokumentasikan) bersamaan dengan mulai belajar coding, dan selanjutnya mungkin UX writing.

Saya sudah mengurasi beberapa sumber yang bisa digunakan untuk mulai belajar copywriting.

Lewat tulisan ini saya akan membagikan resource belajar copywriting, tentu saja.

P.S. Sumber-sumber belajar ini tidak spesifik untuk atau dalam bahasa Indonesia. Namun, semoga tetap bermanfaat.

Kenapa penting belajar copywriting?

Saya "marketer".

Agak mustahil sebenarnya menghindari yang namanya menulis di pekerjaan sehari-hari saya.

Selain dari tuntutan pekerjaan, sebenarnya paham copywriting juga sangat membantu kita dalam kegiatan sehari-hari. Contohnya saat mengirim email, mengirim pesan ke orang yang baru dikenal, membuat caption di media sosial, dsb.

Kamu bisa googling definisi dari copywriting. Namun, menurut saya hal yang paling penting dalam copywriting adalah menulis/mengomunikasikan sesuatu secara efektif.

Beda content writing dan copywriting

Perbedaan antara content writing dan copywriting secara sederhana adalah:

  • Hasil dari content writing biasanya lebih panjang daripada copywriting
  • Dalam marketing, tujuan utama content writing adalah untuk memberikan informasi sedangkan copywriting mengajak pembaca untuk take action
Intinya, copywriting itu lebih singkat dan to the point—lagi-lagi alasan mengapa menulis efektif itu penting.

Sumber belajar copywriting

Hasil kurasi ini dipilih sebaik mungkin sesuai dengan preferensi saya sendiri. Walaupun saya belum menyelesaikan 100% apa yang saya list di sini, saya cukup yakin hasil kurasinya tidak mengecewakan—diusahakan bagus karena saya juga belajar dari sumber yang sama untuk diri sendiri.

Course dan YouTube

Well, ini beberapa course dan playlist atau akun YouTube hasil kurasi saya yang bisa kamu jadikan referensi untuk belajar copywriting:

Alex Cattoni ini punya beberapa playlist tentang copywriting yang oke, jadi saya sematkan akun YouTube-nya saja.

Copywriting Series ini saya rasa cukup underrated dan tips-tips yang dibagikan di sana cukup membumi dan bisa langsung dipraktikkan.

Untuk si Tangan Belang saya tidak banyak berkomentar. Konten-kontennya bagus dan lumayan untuk jadi sumber belajar.

LinkedIn Learning punya banyak course tentang copywriting. Saya pribadi belum ada rekomendasi yang benar-benar bagus. Namun, saya tetap sarankan untuk dieksplor.

Saya sudah lama belajar dari konten-kontennya Brian Dean, dan videonya yang saya list di sini, walaupun sudah lama, tetap sangat bermanfaat untuk belajar copywriting.

Blog dan artikel

Copywriting Course ini sekilas sangat bagus dan isinya juga lengkap. Kamu bisa belajar dasa-dasar copywriting seperta AIDA formula sampai dengan writing strategy di sana. Blog ini juga direkomendasikan oleh SQ di salah satu artikelnya di Ahrefs.

Ada banyak resource lainnya di Copywriting 101, recommended to explore.

Writing Handbook dari Julian ini adalah favorit saya. Tidak spesifik membahas tentang copywriting, tetapi cukup bagus untuk dipelajari dan benar-benar belajar cara menulis yang baik dan benar.

Saya tidak tahu siapa sebenarnya di balik blog PanduanIM ini, tetapi tulisannya cukup bagus walaupun sudah lama tidak di-update.

Rasanya cukup oke untuk dibaca dan belajar dari tulisan-tulisannya.

Buku

Berikut beberapa buku yang bisa dijadikan bahan belajar copywriting:

  • Ogilvy on Advertising
  • Made to Stick
  • Contagious
  • The Boron Letters
  • The Art and Business of Online Writing

Daftar buku ini kebanyakan saya dapat dari SQ (Senior Marketing Manager di Ahrefs), dia juga punya blog dan sering review buku di sana.

Untuk buku karya Nicolas Cole (The Art and Business of Online Writing) sebenarnya lebih banyak membahas tentang menjadi ghostwriter. Namun, again, cukup bagus isinya.

Tambahan

Selain sumber-sumber yang sudah disebutkan di atas tadi, kamu bisa juga cek akun-akun creator di LinkedIn yang sekiranya cukup layak untuk diikuti dan dipelajari cara mereka menulis konten.

Personally, saya merekomendasikan:

Akun-akun ini tidak semuanya bicara tentang copywriting, tetapi dengan melihat cara mereka menulis diharapkan kamu akan dapat gambaran "Oh, begini cara menulis yang baik dan benar itu."


Lagi-lagi tergambar di tulisan ini bahwa copywriting dalam pandangan saya bukan hanya sekadar menulis iklan. Namun, lebih besar daripada itu.

Dan setelah dipikir-pikir lagi, cara belajar copywriting yang paling bagus adalah dipraktikkan langsung.

Punya media sosial? Belajar membuat caption yang bagus.

Punya blog? Perbaiki kualitas tulisan dan coba mulai membuat email newsletter.

Punya LinkedIn? Mulai buat konten di sana.

Punya kenalan, teman lama, atau kolega? Coba reach out mereka via pesan atau email yang proper.

Sejalan dengan itu, jika kamu memanfaatkan resource yang ada artikel ini, saya yakin skill copywriting-mu akan meningkat.

That's it! Semoga bermanfaat.

Komentar