Tentang Pelatihan The Fundamentals of Digital Marketing dari Google Digital Garage

Tentang Pelatihan The Fundamentals of Digital Marketing dari Google Digital Garage

Apa itu Google Digital Garage?

Google Digital Garage adalah program dari Google yang menyediakan pelatihan dan kelas gratis tentang kemampuan digital (digital skills). Tidak hanya itu, Google Digital Garage juga menyediakan webinar dengan tema yang beragam, mulai dari bagaimana menulis CV dan Cover Letter yang baik dan benar, tentang pengembangan karir, mengoptimasi kerja daring, berjejaring dll. Jika kamu sudah pernah mendengar tentang Google Gapura Digital, ini adalah hal yang sama. Perbedaannya hanyalah Gapura Digital dikhususkan untuk audiens Indonesia.

Google Digital Garage menyediakan sertifikat gratis bagi siapa saja yang telah menyelesaikan pelatihan. Saat tulisan ini dibuat hanya tersedia satu sertifikasi gratis yaitu Fundamentals of Digital Marketing, namun tersedia banyak sekali online course yang bisa diakses gratis dimulai dari yang tingkat dasar (beginner) sampai yang advance. Klik di sini untuk melihat course yang tersedia. Oh iya, Google Digital Garage belum tersedia dalam bahasa Indonesia. Jika ingin mengikuti pelatihan serupa yang berbahasa Indonesia, silakan kunjungi Google Gapura Digital.

The Fundamentals of Digital Marketing

The Fundamentals of Digital Marketing adalah salah satu pelatihan online dari Google Digital Garage yang dipaketkan dan tersedia sertifikat bagi siapa saja yang telah menyelesaikannya. Terdiri dari 26 modul dengan durasi 40 jam dan dapat diakses gratis.

Apa saja isinya? Berisi mulai dari dasar, seperti definisi dan arti dari istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia digital, pentingnya dan manfaat untuk go online sampai bagaimana cara agar dapat memasarkan produk hingga ke luar negeri. Di dalam pelatihan ini dijabarkan strategi dan langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk membangun bisnis dan brand. Pelatihan ini sangat cocok jika diikuti oleh mereka yang bergelut di UMKM dan ingin membangun bisnisnya untuk go online.

Kembali ke isi pelatihan ini, keseluruhan 26 modul ini dikelompokkan menjadi 7 yaitu,
  1. Take a business online
  2. Make it easy for people to find a business on the web
  3. Reach more people locally, on social media or on mobile
  4. Reach more customers with ads
  5. Track and measure web traffic
  6. Sell products or services online
  7. Take a business global
Termasuk di dalamnya bagaimana cara memasarkan usaha atau bisnis tanpa perlu bingung untuk membangung website, cara agar bisnis atau brand terdaftar dan dapat dicari melalui mesin pencari Google, bagaimana menggunakan data untuk keperluan pemasaran, juga dijelaskan dasar-dasar iklan di Google. Di dalam pelatihan ini juga tersedia sesi pertanyaan, jadi tidak hanya memperhatikan video presentasi, pengetahuan peserta pelatihan juga dicek dengan cara menjawab soal-soal di akhir setiap modul. Hal yang perlu diperhatikan adalah, sebenarnya tidak sulit untuk membuat bisnis go online. Hanya dibutuhkan kemauan untuk belajar, konsistensi dan kesabaran.

Cerita Saya

Berawal dari perkenalan saya dengan Google Gapura Digital tahun 2018 lalu dan kemudian bergabung dengan komunitas Blogger Medan, saya semakin sering terpapar dengan para pegiat online, mereka yang bekerja dan memperoleh penghasilan dengan memanfaatkan online presence dan internet. Pandemi COVID-19 juga memaksa semua orang agar terbiasa dengan perkuliahan dan kerja daring. Oleh karena itu, saya membentuk kebiasaan baru, yaitu memanfaatkan internet untuk mencari ilmu, terutama yang sifatnya bebas biaya. Saya menjadi sering mencari informasi tentang pelatihan online, kuliah online, sertifikasi online, dll. Saya juga membuat daftar kuliah online gratis di sini.

Pada tanggal 13 September saya mengambil course The Fundamentals of Digital Marketing dari Google. Saya menyelesaikan pelatihan dengan durasi 40 jam ini pada tanggal 22 September, kurang lebih 9 hari dan saya telah memperoleh sertifikatnya.

Sertifikat Pelatihan The Fundamentals of Digital Marketing dari Google Digital Garage

Kesannya adalah tidak terlalu sulit bagi saya untuk memahami isi pelatihan karena sudah terbiasa belajar tentang SEO dan SEM, saya juga familiar dengan Google Trend dan Google Analytics karena saya membangun blog, namun saya juga belajar banyak hal baru. Secara keseluruhan, pelatihan ini saya beri nilai bintang 5. Saran saya adalah bagi para pelaku UMKM, wajib rasanya untuk mengambil pelatihan ini.

Meskipun tidak semua ilmu yang saya peroleh dapat langsung saya terapkan, ini bisa jadi pegangan saya kedepannya. Sangat banyak insight yang saya dapatkan dari pelatihan ini dan yang namanya belajar tidak pernah sia-sia. Ilmu akan berkembang jika dibagikan. Oleh karena itu, silakan bagikan tulisan ini kepada pelaku UMKM, mereka harus tahu tentang pelatihan dari Google yang satu ini.

Seperti yang saya tuliskan di atas, tersedia cukup banyak course di Google Digital Garage, silakan berkunjung dan mulai belajar.

Comments