Daftar Novel yang Wajib Dibaca dan Dikoleksi

Membaca adalah salah satu kegiatan yang sangat berdampak positif jika dilakukan dengan benar dan tidak terbatas hanya pada buku tertentu. Artinya, kamu dapat membaca buku apapun yang kamu inginkan dan masih dapat memperoleh manfaat dari membaca itu sendiri. Membaca dapat meningkatkan kemampuan literasi, membantu mengatasi insomnia, mengurangi stres, dan dapat meningkatkan konsentrasi. Membaca juga dapat mengasah mental dan kemampuan kognitif (Kourkouta dkk., 2018).

Untuk kamu penggemar novel, membaca bukan lagi menjadi hal yang sulit dilakukan karena pada dasarnya esensi dari novel itu adalah untuk dibaca. Berbicara tentang novel, mungkin kamu tidak asing lagi dengan beberapa judul novel berikut ini. Tapi tahukah kamu koleksi judul lengkap dari serialnya? Membaca keseluruhan serial novel tidak hanya akan memberikan kesan membekas di benakmu, namun juga merupakan pencapaian dan kepuasan tersendiri bagi orang-orang yang suka membaca.

Selain itu beberapa orang tidak hanya suka membaca novel, namun juga suka mengoleksinya. Pada postingan ini akan dibahas daftar novel yang wajib dibaca dan dikoleksi. Berikut daftar novel yang wajib dibaca dan dikoleksi,

Tetralogi Laskar Pelangi (Andrea Hirata)

Tetralogi Laskar Pelangi dalam Daftar Novel yang Wajib Dibaca dan Dikoleksi

Karya Andrea Hirata ini sangat menginspirasi, sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa dan bisa dibilang jadi novel wajib baca di Indonesia. Novel-novel serial ini juga sudah difilmkan. Untuk kamu yang sudah pernah menonton filmnya namun belum sempat membaca novelnya, kamu sangat disarankan untuk juga baca novelnya. Terdiri dari 4 buku yaitu, Laskar Pelangi yang terbit pertama kali pada tahun 2005 lalu, disusul oleh Sang Pemimpi di tahun berikutnya pada 2006, kemudian Edensor pada tahun 2007, dan terakhir Maryamah Karpov yang terbit pada tahun 2008.

Novel ini bercerita tentang perjalanan hidup dan petualangan dari seorang Ikal, tokoh utama dari novel ini. Mulai dari saat berjayanya laskar pelangi, perjalanannya kuliah di Eropa, dan saat dia menelusuri jejak A Ling cinta pertamanya. Novel-novel di serial ini juga masuk dalam daftar Buku Indonesia Sepanjang Masa dan Novel Indonesia Terbaik di Goodreads. Bagi kamu yang suka membaca dan mengoleksi buku, koleksi Tetralogi Laskar Pelangi ini sangat direkomendasikan untuk ditambahkan ke koleksi perpustakaan pribadimu.

Supernova Series & Aroma Karsa (Dee Lestari)

Supernova Series dan Aroma Karsa karya Dee Lestari
Siapa yang tidak kenal Dee Lestari? Penulis satu ini sudah banyak menelurkan karya yang sangat bagus dan merupakan salah satu tokoh dalam jajaran penulis papan atas Indonesia. Karya terakhirnya adalah Aroma Karsa, bercerita dengan tema yang "tidak biasa" dan terbilang unik dari karya-karya pada umumnya. Seseorang dengan penciuman luar biasa, pencarian Puspa Karsa, dan ambisi seorang Raras. Lalu ada serial Supernova, yaitu serial novel sebelumnya yang terdiri dari 6 buku yaitu Kesatria, Putri, & Bintang Jatuh; Akar; Petir; Partikel; Gelombang dan yang terakhir Intelegensi Embun Pagi. Diterbitkan mulai tahun 2001 sampai 2016. Novel-novel karya Dee Lestari sangat direkomendasikan untuk kamu para pembaca tanah air. Novel-novel karya Dee Lestari ini masuk dalam jajaran Novel Indonesia Terbaik di Goodreads. Saat awal rilisnya tahun 2018, Aroma Karsa dirilis secara bertahap dengan format buku elektronik.

Trilogi 5 Menara (Ahmad Fuadi)

Trilogi Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi

Dimulai dengan judul Negeri 5 Menara yang terbit pada tahun 2009, sekarang Trilogi Negeri 5 Menara sudah rampung dengan 2 judul lainnya yaitu Ranah 3 Warna dan Rantau 1 Muara. Bercerita tentang perjalanan seorang Alif saat mulai dari belajar di pondok dan merantau jauh dari kampung halaman. Berpegang pada beberapa mantra kehidupan hasil perolehannya di pondok, Alif terus berpetualang mengejar mimpinya dengan segala naik turun kehidupan, bercerita tentang konsistensi untuk terus berkayuh menuju tujuan, tentang pencarian belahan jiwa, dan menemukan tempat bermuara. Novel-novel di serial ini sangat cocok untuk menjadi moodboster bagi kamu yang sedang dalam perjalanan menuntut ilmu. Negeri 5 Menara juga sudah difilmkan dan diterjemah ke dalam berbagai bahasa, dan masuk dalam jajaran Novel Indonesia Terbaik di Goodreads.

Serial Bumi (Tere Liye)

Serial Bumi karya Tere Liya

Siapa yang tidak kenal dengan penulis satu ini? Tere Liye adalah sosok penulis yang sangat rajin dalam menerbitkan novel. Pada serial ini, Tere Liye telah menulis novel berjumlah 9 judul. Terdiri dari Bumi; Bulan; Matahari; Bintang; Ceros dan Batozar; Komet; Komet Minor; Selena, dan yang terakhir adalah Nebula. Terbit pada rentang tahun 2014 sampai 2020.Bercerita tentang petualangan trio anak-anak jenius di zaman teknologi sudah luar biasa canggih. Bagi kamu penggemar Tere Liye, sepertinya serial ini merupakan serial paling panjang dari penulis satu ini dan sangat memuaskan untuk dikoleksi.

Robert Langdon Series (Dan Brown)

Robert Langdon Series by Dan Brown

Salah satu penulis paling dikenal di dunia. Karyanya dalam Robert Langdon Series adalah Origin, terbit pada tahun 2017. Penulis satu ini juga sangat terkenal karena karyanya yang berjudul The Da Vinci Code, yang bercerita tentang pemeran utama dalam novel ini yaitu Robert Langdon dalam menyelesaikan masalah pembunuhan misterius di Museum Louvre. Bagi kamu yang sudah pernah membaca karyanya yang terakhir, saatnya melengkapi Robert Langdon Series dari novel pertamanya yaitu Angels & Demons, diikuti oleh The Da Vinci Code, The Lost Symbol, Inferno dan yang terkahir adalah Origin.

Demikian daftar novel yang wajib dibaca dan dikoleksi, saatnya melengkapi koleksi novelmu.

Referensi:

Kourkouta, L., Iliadis, C., Frantzana, A., Vakalopoulou, V. 2018. Reading and Health Benefits. Journal of Healthcare Communications. 3(4): 39-42.

Comments