Peluang Usaha Online di Tahun 2021: Buat Toko Online Kamu Sendiri

Peluang Usaha Online di Tahun 2021, Buat Toko Online Kamu Sendiri

Salah satu tren yang meningkat saat pandemi adalah kegiatan belanja online. Berdasarkan data Digital 2021 Global Overview Report produksi We Are Social dan Hootsuite, 93% pengguna internet berusia 16 sampai 64 tahun melakukan pencarian produk atau jasa untuk dibeli secara online. Sebanyak 87% dari mereka tidak hanya melakukan pencarian, juga melakukan pembelian produk secara online.

Data ini menggambarkan bahwa terdapat kesempatan besar bagi semua orang untuk memasarkan produk mereka di internet. Hal ini dapat dilakukan dengan memasarkan produk mereka di marketplace atau membuat toko online mereka sendiri.

Dalam rangka membantu kamu menjemput peluang usaha online yang meningkat di tahun 2021, pada tulisan ini kita akan membahas tentang cara membuat toko online kamu sendiri. Hal yang perlu dilakukan pertama-tama adalah,

1. Buat Domain dan Pilih Web Hosting yang Cocok sebagai Platform Toko Onlinemu

Untuk membuat website toko online, kamu butuh yang namanya domain dan web hosting. Domain sebagai penunjuk alamat kamu di internet, dan web hosting adalah yang membantu toko online kamu untuk bisa online. Web hosting jadi tempat penyimpanan data dan file dari toko online kamu, sehingga bisa diakses oleh orang lain melalui jaringan internet.

Kedua hal ini dapat kamu peroleh dari Exabytes. Keuntungan membeli domain dan hosting di Exabytes adalah dengan lebih dari 75.000 pelanggan di seluruh dunia, Exabytes merupakan salah satu penyedia hosting terkemuka di Asia Tenggara. Exabytes adalah registrar domain terpercaya, dengan kredibilitas yang baik ini jelas akan memberikan rasa percaya dan aman kepada pengguna layanan. Saat ini, Exabytes punya penawaran Beli Hosting Gratis Domain.

Tidak hanya itu, Exabytes mempunyai kualitas Network Uptime 99,9% & Server Uptime 99,5% ditambah layanan support profesional 24/7.

Oh iya, Exabytes juga menyediakan Dedicated WooCommerce Hosting. Menggunakan teknologi Litespeed dan 100% SSD, WooCommerce Hosting Exabytes dapat menjadi solusi sempurna untuk kesuksesan toko online kamu. Menggunakan WooCommerce Hosting dari Exabytes, kamu dapat mengintegrasikan hosting dan website toko online kamu.

2. Tentukan Website Builder

Selanjutnya, kamu harus membuat toko online kamu. Dibutuhkan yang namanya website builder. Menggunakan website builder, kamu tidak perlu berkutat dengan coding. Kamu juga bisa memilih template dan tema yang sesuai dengan toko online kamu. Beberapa website builder yang sudah sangat terkenal dan kami rekomendasikan adalah sebagai berikut,

1. WordPress

Untuk membuat toko online menggunakan WordPress, kamu butuh plugin WooCommerce. Kamu hanya butuh beberapa tahap untuk menginstall plug in tersebut. Kamu juga bisa mulai dengan mengunjungi langsung website WooCommerce di woocommerce.com. Kamu akan diarahkan oleh beberapa pertanyaan tentang toko online kamu dan di akhir WooCommerce akan menginstall plug in ke website kamu.

WooCommerce

2. Wix

Wix adalah contoh lain dari website builder yang juga populer. Set up toko online di Wix bisa dibilang lebih ringkas dan mudah, karena tidak perlu mengunduh plug in. Untuk memulai kamu bisa membuat akun Wix dan mulai langsung membuat website. Pilih jenis perntuntukan website yang dalam hal ini adalah online store, lalu akan ada dua pilihan untuk membuat website toko online kamu. Pertama, dibuatkan oleh ADI (Artificial Design Intelligence) atau kamu dapat membuat manual menggunakan editor.

Membuat Toko Online Menggunakan Wix Web Builder

3. Shopify

Shopify juga termasuk salah satu website builder yang paling populer. Shopify juga menyediakan banyak pilihan tema sesuai dengan kebutuhan toko online kamu. Shopify sudah dipercaya brand-brand besar di seluruh dunia. Untuk Indonesia sendiri, penggunaan Shopify untuk toko online saya rasa masih belum seramai WordPress. Tapi tentu saja, website builder satu ini sangat layak untuk dicoba.

Shopify Online Store Builder

3. Tentukan Tema dan Kustomisasi Toko Onlinemu

Semua website builder yang telah disebut di atas menyediakan banyak sekali pilihan tema. Kamu bisa memilih tema toko online kamu sesuai kebutuhan dan jenis produk yang akan kamu jual.

Tema yang disediakan oleh website builder Wix

Tips dalam menentukan tema toko online adalah:
  • Posisikan diri kamu sebagai pengunjung toko online
  • Pastikan toko online kamu punya navigasi dan responsi untuk semua perangkat
  • Tema dan brand identity toko online harus konsisten
  • Tambahkan bagian testimoni
  • Pastikan display produk pada toko online rapi dan bagus
Gunakan tema dan kustomisasi toko online kamu sesuai dengan pasar dan target market. Pastikan toko online kamu dapat memberikan first impression kepada para calon pembeli.

4. Tambahkan Produk Kamu di Display

Setelah toko online kamu sudah siap digunakan, langkah selanjutnya adalah menambahkan produk di display. Ini adalah bagian yang paling menonjol pada toko online. Pastikan display produk yang ditampilkan bagus dan responsif. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menambahkan produk ke display.

Cara menambahkan produk ke display untuk masing-masing web builder bisa jadi sedikit berbeda, namun pada prinsipnya masih sama. Kamu hanya perlu membiasakan diri terhadap navigasi di website builde yang digunakan.

Website builder seperti Wix contohnya, punya fitur import. Kamu dapat langsung import dan mendisplay produk kamu yang berasal dari website lain, dari Google Places, atau Google Bussiness.

1. Tips Foto Produk yang Menjual

Product display yang baik dari Nike

Foto produk yang ditampilkan harus profesional dan menjual. Foto yang menampilkan produk secara jelas dapat sangat membantu calon pembeli, seperti website Nike misalnya. Beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk membuat foto produk yang menjual adalah:
  • Gunakan latar yang jelas dan berwarna terang.
  • Juga tampilkan foto produk kamu saat digunakan atau dipakai. Jika produk kamu tentang fashion, tampilkan foto produk kamu digunakan oleh seseorang atau model. Jika produk kamu adalah makanan, tampilkan foto saran penyajiannya.

2. Tulis Deskripsi Produk yang Menarik

Deskripsi produk yang baik

Satu lagi elemen yang sangat penting dalam display produk di toko online adalah deskripsi. Deskripsi produ yang baik adalah deskripsi produk yang jelas dan dapat memancing calon pembeli untuk tertarik melakukan pembelian. Setiap melakukan penjualan kita pasti berusaha sebaik mungkin untuk melakukan closing, dalam konteks toko online, foto produk yang baik dengan deskripsi produk yang jelas dapat sangat membantu.

Dalam membuat deskripsi produk, jangan hanya menceritakan soal fitur dan spesifikasi produk kamu. Copywriting yang baik akan berguna untuk membuat deskripsi produk yang baik. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:
  • Fokus pada manfaat yang akan didapatkan pembeli ketika membeli produk kamu. Hal ini tidak terbatas hanya soal produknya. Misalnya, dengan membeli produk kamu pembeli juga dapat membantu untuk berkontribusi pada campaign climate changes, dll.
  • Ceritakan value dari produk kamu, tidak hanya spesifikasi dan fungsinya.

5. Tentukan Strategi Penentuan Harga

Penentuan harga dalam penjualan adalah hal dasar yang harus dipahami. Singkatnya, ada tiga cara dalam menetukan strategi harga.

1. Cost-based

Cost-based adalah yang paling sederhana. Hal ini jatuh kepada penentuan harga pokok penjualan dan berapa keuntungan yang ingin kamu ambil dari setiap produk.

2. Competition-based

Dalam competition-based, selain hal pertama di atas kamu juga harus melakukan survey harga kompetitor. Kamu dapat menetapkan harga lebih rendah maupun lebih tinggi, tergantung strategi kamu terhadap produk yang akan kamu jual. Misalnya dengan meningkatkan kelas pasar produk kamu dan fokus pada market spesifik tertentu, kamu dapat menjual produk lebih tinggi. Ini yang namanya premium positioning.

3. Value-based

Seperti pembahasan value pada deskripsi produk. Value based juga merupakan gabungan antara dua strategi penentuan harga di atas. Kamu juga bisa menjual dengan menggunakan konsep bundle. Calon pembeli akan melihat produk kamu lebih bernilai dan lebih menguntungkan bagi mereka jika dipresentasikan dalam bundle.

Contoh value based pricing menggunakan product bundling

6. Mulai Pemasaran

Ada banyak strategi pemasaran. Hal ini tergantung pada jenis produk dan target marketnya. Untuk menjadikannya mudah, beberapa tahapan atau cara berikut sangat dapat kamu lakukan dalam memasarkan produk dan toko online kamu.

1. Share di Media Sosial

Ini  adalah yang utama. Pastikan kamu sharing tentang toko online kamu di media sosial. Kamu juga dapat memulainya dengan mengenalkan toko online kamu kepada keluarga, kerabat, dan rekan kantor. Buat konten yang relevan untuk meningkatkan awareness orang lain bahwa kamu punya toko online.

2. Beriklan di Media Sosial

Langkah selajutnya adalah dengan beriklan di media sosial. Ada banyak sekali digital marketing agency yang menawarkan jasa ini, atau kamu dapat belajar sendiri melakukannya. Iklan di media sosial terutama facebook dan instagram akan jauh meningkatkan scalability pemasaran kamu jauh melebihi cara pertama. Hasilnya akan lebih banyak orang tahu tentang toko online kamu dan berpotensi meningkatkan penjualan.

3. Beriklan di SEM

SEM atau Search Engine Marketing berguna ketika kamu ingin mengiklankan toko online kamu via Google Search. Hal ini relevan dilakukan jika banyak orang yang mencari produk yang kamu jual. Iklan dengan SEM akan menampilkan website toko online kamu di ranking paling atas (bagian ads) SERPs, hal ini akan membuat alamat website toko online kamu mudah untuk dilihat orang lain.

4. Buat Blog untuk Pemasaran Jangka Panjang Melalui SEO

Hal tambahan yang sangat membantu website toko online kamu muncul di pencarian Google adalah blog. Blog dan SEO akan sangat berguna untuk jangka panjang. Kamu juga dapat mengoptimasi blog jika menjual produk musiman. Menulis di blog toko online kamu beberapa kali seminggu akan meningkatkan kredibilitas toko online kamu di mata Search Engine. Kamu dapat membuat konten tulisan yang berkaitan dengan produk yang kamu jual, tips, dll.

Demikian adalah beberapa langkah membuat toko online kamu sendiri. Dengan mengetahui tahapan-tahapan ini, kamu sudah siap untuk langsung praktik dan membuat toko online kamu. Singkatnya, dalam membuat toko online langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:
  1. Buat domain dan pilih web hosting
  2. Tentuka website builder dan bangun toko online
  3. Tentukan tema toko online
  4. Tambahkan produk ke display toko online
  5. Tentukan strategi penentuan harga
  6. Mulai pemasaran
Praktikkan langkah-langkah ini dalam membuat toko online kamu sendiri dan raih peluang usaha online di tahun 2021.

Lomba Blog Exabytes Season 2

Comments