Platform Belajar Online Terbaik

Platform Belajar Online Terbaik

Tren belajar online meningkat karena pandemi, namun sepertinya model belajar satu ini tidak akan ditinggalkan begitu saja bahkan saat pandemi ini selesai. Banyak survei yang menyatakan bahwa kegiatan post-pandemic akan menggunakan model hybrid, yaitu campuran antara offline dan online. Hal ini tentu saja juga berlaku untuk proses belajar mengajar.

Saya sebagai online learning enthusiast sering menghabiskan waktu belajar via internet, mencari sumber belajar yang mantap, dan juga mencoba berbagai platform belajar online. Berikut adalah platform belajar online terbaik versi saya.

Platform Belajar Online Terbaik

Zenius

Platform Belajar Online Zenius

Siapa yang tidak kenal Zenius? Platform belajar online satu ini jelas sudah punya tempat spesial di hati para murid-murid sekolah di Indonesia, bahkan para mahasiswa. Zenius menyediakan materi pelajaran mulai dari tingkatan SD sampai SMA, termasuk bahan persiapan UN dan UTBK, serta materi untuk para guru.

Video-video Zenius bisa diakses secara gratis melalui situs maupun aplikasinya. Selain itu, Zenius juga punya produk bimbel online dan live class.

Khan Academy

Platform Belajar Online Khan Academy

Khan Academy adalah salah satu platform belajar online terbesar di dunia. Khan Academy menyediakan materi belajar mulai dari untuk anak-anak (Khan Kids) sampai dengan tingkat pendidikan tinggi, termasuk test prep. Selain itu tersedia juga materi life skills untuk para alumni perguruan tinggi ataupun profesional.

Seluruh materi ini dapat diakses secara gratis. Sangat cocok untuk dijadikan suplemen belajar di sekolah. Sama seperti Zenius, Khan Academy juga punya materi untuk para guru dan pengajar.

Coursera

Platform Belajar Online Coursera

Coursera adalah platform belajar online yang bekerja sama dengan universitas-universitas di seluruh dunia dan organisasi-organisasi lain termasuk IBM dan Google yang menyediakan online course, sertifikasi, projects, dan gelar. Ada banyak sekali materi gratis yang dapat diakses di Coursera. Beberapa kali Coursera juga menggratiskan course dan projects. Materi belajar yang tersedia di Coursera juga sangat beragam, mulai dari yang dasar sampai tingkatan advance. Platform belajar online satu ini sangat cocok untuk mahasiswa dan umum.

Jika kamu ingin meningkatkan skill dan mempercantik resume dalam rangka mencari pekerjaan, menyelesaikan pembelajaran bersertifikat di Coursera sepertinya dapat membantu. Saya juga pernah membuat daftar online course gratis yang dapat diakses di Coursera.

edX

Platform Belajar Online edX

Mirip dengan Coursera, edX juga platform belajar online yang disebut dengan penyedia MOOC (Massive Open Online Course). Platform belajar online yang baru saja melakukan rebranding ini punya database materi yang juga sangat besar. Tersedia MicroBachelors dan MicroMasters Program, sertifikat profesional, juga gelar, disamping akses course biasa. Course yang tersedia di edX juga sangat beragam, mulai dari materi belajar tentang arsitektur sampai dengan ilmu sosial tersedia di sini. Materi-materi di edX dapat diakses gratis, namun jika ingin memperoleh sertifikat ada harga yang harus dibayar.
 

LinkedIn Learning

Platform Belajar Online LinkedIn Learning

Terakhir adalah LinkedIn Learning. Platform yang dulunya bernama Lynda ini menyediakan materi belajar untuk para profesional dan umum, cocok untuk mereka yang sedang membangun atau shifting karir. Jenis kursus di LinkedIn Learning umumnya terbagi menjadi tiga, yaitu kreatif, bisnis, dan teknologi. LinkedIn Learning menawarkan free trial selama satu bulan, dan sesekali menggratiskan coursenya dalam tenggat waktu 24. Cukup untuk menyelesaikan satu course. LinkedIn Learning menyediakan sertifikat yang dapat langsung disinkronkan dengan akun LinkedIn.

Bagi kamu yang mulai aktif di LinkedIn, belajar dan memperoleh sertifikat dari LinkedIn Learning adalah hal yang wajib dicoba. Saya pernah belajar SEO Fundamentals di Linkedin Learning dan hasilnya sangat worth the time.

Demikian daftar platform belajar online terbaik versi saya. Ada banyak sekali platform belajar online di internet, dan ini adalah beberapa di antaranya. Platform yang saya masukkan dalam daftar ini adalah platform yang saya sendiri sudah menggunakannya dan saya anggap sangat bagus. Beberapa cocok untuk para siswa, sisanya untuk umum.

Platform lain yang tidak masuk ke dalam daftar ini dan saya rasa sangat layak untuk dicoba adalah:
  • Future Learn
  • Skill Academy
  • Pahamify
Apapun platform yang digunakan, tetap esensinya adalah belajar dan berkembang.

Comments

  1. penasaran sama Zenius, banyak penggunanya ya :D sepertinya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zenius memang bagus, saya juga rekomendasikan ke keluarga. Saya sendiri sudah pakai Zen sejak 2013 dan sampai sekarang masih sering rewatch video-videonya yang masih relevan.

      Delete

Post a Comment