Daftar Buku Klasik Dunia yang Wajib Dibaca

Kembali membahas tentang buku, kali ini berupa daftar buku klasik dunia yang wajib dibaca. Kenapa buku-buku ini penting dan wajib dibaca? Kegiatan membaca punya banyak manfaat, dan setiap jenis bacaan yang dibaca juga membawa manfaatnya masing-masing. Banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca tidak hanya bermanfaat dalam hal kognitif namun juga berpengaruh positif terhadap kompetensi atau kemampuan sosial, baik itu kemampuan memahami dan berempati terhadap orang lain, hal-hal terkait motivasi, dan perkembangan mental. Hal ini bisa didapat dengan membaca karya fiksi.¹

Salah satu cara memilih buku fiksi yang baik adalah dengan melihat hasil karya-karya lama yang masih dicetak ulang dan masih bertahan sampai sekarang, karya-karya yang dianggap penting dan perlu untuk dibaca oleh generasi selanjutnya. Hal ini bisa jadi tolak ukur bahwa karya tersebut layak dibaca dan terbukti merupakan hasil karya yang bagus.

Bagi para penggemar sastra klasik atau yang baru mulai membaca, sangat disarankan untuk membaca buku-buku dalam daftar ini. Beberapa buku dalam daftar ini sudah sangat lama diterbitkan namun tetap menjadi favorit dan tidak membuat karya-karya ini lekang oleh waktu. Beberapa buku lainnya diterbitkan baru-baru ini karena merupakan bagian dari serial buku lamanya, namun tetap saja tidak mengubah esensi dari judul tulisan ini.

Berikut daftar buku klasik dunia yang wajib dibaca,

On The Seventh Day Series, The Alchemist, & The Pilgrimage (Paulo Coelho)

Daftar Buku Klasik Dunia yang Wajib Dibaca

Merupakan hasil karya penulis terkenal kelahiran Brazil, Paulo Coelho. On The Seventh Day Series adalah seria novel yang berisi 3 judul yaitu By the River Piedra I Sat Down and Wept, Veronika Decides to Die, dan The Devil and Miss Prym. Terbit pertama kali pada tahun 1994, 1998, dan 2000. Kemudian salah satu karyanya yang paling fenomenal, The Alchemist yang terbit pertama kali pada tahun 1988 dan sudah diterjemahkan ke banyak bahasa di dunia. Bercerita tentang Santiago, seorang penggembala dari Andalusia yang ingin bepergian untuk mencari harta duniawi. Perjalan tersebut mengantarkannya ke harta yang jauh berbeda dan jauh lebih memuaskan. Novel setelahnya adalah The Pilgrimage yang pertama kali terbit tahun 1987.

Banyak sekali kutipan-kutipan bagus yang bisa diambil dari karya-karya Paulo Coelho. Novel-novel karya Paulo Coelho sudah banyak diterjemahkan ke bahasa Indonesia, tentu bukan hal sulit untuk mendapatkan dan membaca salah satu karyanya.

Serial Dunia

Daftar Buku Klasik Dunia yang Wajib Dibaca

Buku-buku ini adalah kumpulan buku Jostein Gaarder yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan penulisan judulnya diganti menjadi Dunia, terdiri dari 4 novel yaitu Dunia Sophie (Sophie's World, 1991), Dunia Cecilia (Through a Glass, Darkly terbit pertama kali tahun 1993), Dunia Maya (Maya, 1999), dan yang terakhir Dunia Anna (The World According to Anna, 2013). Novel-novel ini bercerita tentang filsafat dan menyadarkan orang-orang agar peduli terhadap lingkungan. Novel-novel karya Jostein Gaarder dalam daftar ini sudah banyak memperoleh penghargaan sastra.

Captain Nemo Series (Jules Verne)

Daftar Buku Klasik Dunia yang Wajib Dibaca

Terdiri dari dua judul yaitu 2000 Leagues Under The Sea dan The Mysterious Island, terbit pada tahun 1869 dan 1865. Bercerita tentang petualangan seorang Captain Nemo berkeliling dunia, menyelami lautan, diserang kraken, pulau terpencil, dll. Captain Nemo series ini merupakan salah satu karya terbesar Jules Verne, sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, dan sudah berkali-kali diadaptasi menjadi film. Jules Verne merupakan Science Fiction and Fantasy Hall of Fame inductee tahun 1999. Selain Captain Nemo Series, juga terdapat Extraordinary Voyages Series yaitu kumpulan novel petualangan karya Jules Verne yang diterbitkan mulai tahun 1863 sampai 1905.

To Kill a Mockingbird Series (Harper Lee)

Merupakan salah satu karya sastra paling fenomenal di dunia sastra amerika. Terdiri dari dua buku dengan judul Go Set a Watchman dan To Kill a Mockingbird, diterbitkan pada tahun 1960. Harper Lee telah dianugerahi Presidential Medal of Freedom pada 2007 atas kontribusinya pada sastra. To Kill a Mockingbird juga salah satu buku penting dalam karya sastra modern amerika dan telah memenangkan The Pulitzer Prize. Bercerita melalui sudut pandang Jean Louise Finch yang berusia enam tahun, dengan latar waktu tahun 1933 saat terjadi Depresi Hebat (The Great Depression) di sebuah kota tua.

Vintage Classics Dickens

Daftar Buku Klasik Dunia yang Wajib Dibaca

Serial dari penulis Charles Dickens berdasarkan Penguin Books. Terdiri dari 5 judul yaitu Great Expectations (1861), A Tale of Two Cities (1859), Oliver Twist (1839), Hard Times (1854), dan A Christmas Carol (1843). Novel A Christmas Carol terdiri dari 3 judul cerita yaitu A Christmas Carol, The Chimes, dan The Cricket on the Hearth. Charles Dickens dianggap sebagai seorang jenius sastra, novel dan cerpennya masih banyak dibaca hingga saat ini.

Demikian daftar buku klasik dunia yang wajib dibaca. Jangan lupa untuk membagikan daftar ini ke sahabat membacamu.

Referensi

  1. Kozak, S., Recchia, H. 2018. Reading and the Development of Social Understanding: Implications for the Literacy Classroom. The Reading Teacher. 72(5): 569-577.

Comments