Daftar Situs Download dan Baca Buku Gratis

Daftar Situs Download dan Baca Buku Gratis

Punya akses terhadap buku adalah hal yang sangat penting sekarang ini, terutama bagi para mahasiswa. Akses ke perpustakaan yang sempat terhambat karena pandemi mengharuskan para pembaca mencari cara lain untuk mengakses buku dan bahan bacaan lain. Termasuk salah satunya dengan download atau baca buku gratis di Internet. Selain itu, saya percaya bahwa pandemi juga secara tidak langsung meningkatkan tren voluntary reading dikarenakan orang-orang punya waktu luang lebih banyak dan cenderung bersikap ingin produktif. Paling tidak hal tersebut yang saya rasakan.

Punya hobi download dan baca buku gratis di Internet membuat saya familiar dengan situs untuk download buku baik yang gratis maupun yang berbayar atau paywalled. Hal ini juga bukan hal yang baru mengingat sejak dulu saya sudah sering mencari buku atau ebook dari internet untuk keperluan kuliah dan mencoba berbagai situs download buku kuliah gratis. Perlu diingat adalah, selalu usahakan sebisa mungkin untuk memperoleh buku atau bahan bacaan apapaun secara legal.

Kembali membahas seputar buku, pada tulisan kali ini saya ingin membagikan hasil perjalanan saya di Internet selama ini dan membagikan daftar situs untuk download dan baca buku gratis yang dapat diakses di Internet. Berikut daftar situs download dan baca buku gratis,
  • Sci-Hub
  • Library Genesis
  • Open Library
  • Project Gutenberg
  • iPusnas

Sci-Hub

Sci-Hub

Dimulai dari Sci-Hub, situs yang menyediakan akses gratis terhadap jutaan artikel ilmiah dan buku. Diluncurkan pertama kali pada April 2011 oleh Alexandra Elbakyan sebagai protes terhadap mahalnya akses ke artikel berbayar.

Sci-Hub tidak dapat dipungkiri sudah menjadi sangat terkenal terutama bagi kalangan mahasiswa dan periset mandiri karena dapat sangat menghemat biaya untuk akses terhadap artikel dan buku. Sci-Hub tidak memperhatikan copyright dalam praktiknya, artinya Sci-Hub bekerja dengan cara melangkahi atau bypassing halaman dari penerbit yang mewajibkan untuk melakukan subscription.

Sampai dengan Februari 2021, diketahui bahwa Sci-Hub telah mengklaim sebanyak 85 juta artikel. Saya pernah menuliskan tutorial bagaimana menggunakan Sci-Hub dalam tulisan mencari jurnal online. Tulisan ini terdiri dari dua bagian.

Library Genesis

Library Genesis

Library Genesis atau yang sering dikenal dengan sebutan LibGen adalah situs yang mirip dengan Sci-Hub. Merupakan situs file-sharing yang juga menyediakan akses terhadap banyak sekali artikel ilmiah, buku, majalah, dan bahkan komik. Sampai dengan Juli 2019, LibGen mengklaim telah memiliki akses kepada lebih dari 2,4 juta buku non-fiksi, 80 juta artikel ilmiah, 2 juta komik, 2,2 juta buku fiksi, dan 0,4 juta majalah dengan berbagai edisi.

Saya pribadi merasa LibGen lebih dapat diandalkan dibandingkan Sci-Hub, ditambah LibGen tidak mengharuskan browser yang digunakan untuk terlebih dahulu menginstall extension. LibGen juga telah berperan banyak dalam membantu saya selama masa perkuliahan. Cara menggunakan LibGen telah saya jelaskan pada tulisan yang sama tentang mencari jurnal online.

Open Library

Open Library

Open Library didirikan oleh Aaron Swartz, Brewster Kahle, Alexis Rossi, Anand Chitipothu, dan Rebecca Malamud dengan tujuan awal membuat “one web page for every book ever published”. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2006, dan seperti namanya, Open Library merupakan online open project yang artinya orang lain juga dapat berkontribusi terhadap perkembangan konten dan isi dari Open Library (sama halnya seperti Wikipedia).

Open Library menyediakan salinan digital banyak sekali buku, termasuk buku yang sudah dalam domain publik, buku yang sudah tidak dicetak lagi, maupun buku yang masih sedang dicetak. Terdapat lebih dari 20 juta buku dalam Open Library yang terdiri dari berbagai subject, mulai dari buku tentang seni, science fiction, biografi, sampai dengan buku resep.

Langkah mudah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan akses terhadap semua hal tersebut adalah dengan membuat akun di Open Library. Fitur lain yang juga dirasa penting adalah Open Library memberikan preview buku untuk semua buku yang tersedia di server. Hal ini sangat memudahkan untuk melakukan skimming dan menilai apakah buku tersebut layak diunduh.

Project Gutenberg

Project Gutenberg

Project Gutenberg adalah perpustakaan digital tertua di dunia. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1971 oleh penulis berkebangsaa Amerika Serikat, Michael S. Hart. Sampai pada Mei 2020, Project Gutenberg telah memiliki 62.000 lebih item dan sebagian besar dari item-item ini adalah buku domain publik.

Project Gutenberg jadi tempat yang cocok untuk download dan membaca buku serta novel klasik secara online. Berbicara tentang buku klasik, saya pernah menulis tentang daftar buku klasik Indonesia dan daftar buku klasik dunia yang wajib dibaca. Project Gutenberg memungkinkan para pembacanya untuk download buku klasik dalam berbagai bentuk file termasuk PDF, EPUB, atau bahkan dapat dibaca dalam bentuk laman HTML. Novel klasik Inggris seperti A Tale of Two Cities karya Charles Dickens dapat diperoleh salinannya secara legal di Project Gutenberg.

iPusnas

iPusnas

iPusnas adalah aplikasi perpustakaan online kebanggaan Indonesia. Jujur, saya tidak punya ekspektasi tinggi terhadap aplikasi ini. Masih banyak hal yang harus dibenahi dan aplikasi ini jelas masih dapat dimaksimalkan terutama kecepatan dan isi kontennya. iPusnas dapat digunakan pada berbagai platform termasuk android, apple, dan PC. Silakan kunjungi situs resmi iPusnas untuk mengunduh aplikasinya.

Untuk menggunakan iPusnas, pembaca diwajibkan untuk log in terlebih dahulu. Di dalamnya, terdapat berbagai fitur seperti ePustaka yang berisi koleksi buku-buku dari berbagai tokoh di Indonesia, fitur Rak Buku untuk mengetahui status peminjaman buku pembacanya.

Aman dikatakan bahwa iPusnas punya koleksi buku yang lumayan lengkap, mulai dari buku hasil penulis dalam negeri sampai dengan buku teks dan buku bacaan klasik terjemahan. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah pembaca harus mengantri dan hanya punya waktu beberapa minggu setiap kali melakukan pinjaman ebook, buku tidak dapat dicopy tulisannya, serta buku iPusnas hanya dapat diakses menggunakan aplikasi iPusnas (tidak dapat diunduh dalam bentuk PDF).

Demikian daftar situs download dan situs untuk baca buku gratis di Internet. Silakan share tulisan ini kepada siapapun yang ingin membaca atau ingin download buku apapun jenis bukunya. Keseluruhan situs dalam daftar ini sudah dipastikan legit oleh penulis. Semoga membantu. Jangan pernah berhenti membaca dan teruslah menulis.

Comments

  1. Benar, untuk aku yang lagi tesis-an Libgen jauh memandu dari sci-hub

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Kalau hanya mengandalkan akses journal dari kampus saya pribadi merasa ga cukup. Harus tau situs-situs begini.

      Delete

Post a Comment