RevoU Full Stack Digital Marketing Program: A Student Journey

RevoU Student Journey (Orientation Week and Week I)

Karena internet sedang laggy, saya memutuskan untuk menulis perjalanan mengikuti RevoU FSDM Program selama 2 minggu ke belakang ini (Orientation Week dan Week I). Tulisan ini semacam Day in The Life of RevoU FSDM Program Student.

RevoU Full Stack Digital Marketing Program (Orientation and Week I)

Saat sebelum memulai program ini, saya menulis post di LinkedIn. Excited untuk memulai program, juga saya berencana untuk fokus hanya ke RevoU dan freelance.

Jadi, Orientation Week berisi penjelasan pengantar mengenai digital marketing landscape, channels, dan strategic thinking. Materi di Orientation Week ini mirip dengan materi di Mini Course. Karena sudah beberapa kali mengikuti Mini Course sebelum menetapkan untuk serius dan terjun di full program, Orientation Week ini jadi momen refreshing dan pemanasan bagi saya sebelum lanjut ke Week I.

Materi Orientation Week RevoU FSDM Program

Oh iya, saya pernah menulis pengalaman mengikuti RevoU Mini Course sebelumnya.

Selanjutnya di Week I, materi yang sesungguhnya dibahas. Week I membahas materi tentang Budgeting dan Performance. Pada materi ini dibahas tentang metrics, banyak metrics, yang biasa ditemui dalam ruang lingkup digital marketing. Cukup seru.

Saya mungkin tidak akan membagikan full resources yang saya dapatkan dari RevoU (like, hey it’s expensive lol), tapi saya akan menceritakan gambaran dan serunya menjalani program ini. Saya berencana membuat tulisan lanjutan seiring berjalannya program.

You can reach me out here in the comment section.

Resources and Team

Satu hal yang jadi paling penting saat program adalah resources yang dibagikan di kelas, RevoU Community menyebutnya Self-study Resources. Juga ada Lecture Goals untuk mengarahkan proses belajar.

Self-study Resources ini berisikan materi, bahan bacaan, dan video yang wajib dibaca oleh student sebelum memulai kelas. Tujuannya adalah memudahkan proses transfer ilmu saat kelas berlangsung dan untuk mengurangi kebingungan. Menguasai resources yang diberikan akan sangat membantu dalam mengikuti proses belajar di kelas.

Self-study Resources yang dibagikan juga sangat komprehensif, dikelompokkan berdasarkan tingkat kesulitannya dimulai dari Foundation, Intermediate, Advance, dan Additional.

Kemudian, hal yang unik juga dari FSDM Program ini adalah students dibagi per section yang berjumlah kurang lebih lima puluh orang. Section ini terbagi lagi menjadi lima tim yang tiap timnya berisi delapan sampai dua belas orang. Jumlahnya bervariasi tiap section dan tim.

Setiap tim diarahkan oleh Team Lead. Team leader (biasanya disebut TL atau Team Lead) adalah alumni program batch sebelumnya yang bertanggung jawab mengarahkan students pada batch berjalan. Mereka bisa jadi tempat diskusi, pengajar simulasi untuk beberapa materi, dan juga teman untuk sharing keluh kesah selama program. Shout out to my team lead, Yovan!

Salah satu Team Lead di program saya, Hana, menulis sebuah artikel menarik di LinkedIn. Lumayan insightful dan bisa memberikan gambaran bagi mereka yang ingin join full program.

Oh iya, saya bergabung di RevoU FSDM Program Batch 6, Section D, Team 3.

Sharing Session and Reaching Out

Kelas di program ini dilaksanakan selama enam hari per minggu (Senin-Kamis malam, dan Sabtu siang), ditambah dengan sharing session di hari Jum’at (malam). Sharing session adalah kelas yang paling enjoyable sejauh ini selain karena bisa lebih santai dan tidak membahas materi teknis, juga banyak insight yang bisa didapat. Namun yang perlu diingat adalah, hari Jum’at juga hari deadline untuk mengumpulkan assignment. Akan lebih baik jika menghadiri sharing session ketika assignment sudah selesai.

David Fallarme di RevoU Expert Sharing Session

Hal pertama yang harus saya sesuaikan karena saya tinggal di Sumbagut adalah waktu mulai kelas. Untungnya RevoU melakukan penyesuain terhadap hal ini karena ada pemateri yang juga tinggal di Sumbagut dan punya kendala waktu yang sama. Minggu ke dua, pelaksanaan kelas diundur setengah jam dari yang awalnya pukul 7.00 menjadi pukul 7.30 malam.

Kegiatan yang saya lakukan pada minggu pertama adalah reach out ke orang-orang yang sudah bergabung di komunitas RevoU sebelum saya. Saya meminta izin untuk terkoneksi dengan mereka yang bereaksi di post LinkedIn saya. Saya selalu memberikan pesan khusus setiap akan meminta terkoneksi di LinkedIn. Hal sederhana ini bisa dilakukan dengan salam, pengenalan, dan berikan alasan kenapa ingin terkoneksi, jika mungkin berikan penjelasan apa untungnya bagi mereka untuk terkoneksi dengan kita. Sampai saat ini, saya masih sering menambahkan koneksi baru ke LinkedIn terutama mereka yang bergabung ke RevoU Community dan mungkin akan terus saya lakukan selama program ini.

Assignment

Mengenai assignment, RevoU memberikan assignment setiap minggu kepada students bergantung pada materi yang dibahas minggu itu. Assignment juga terdiri dari 3 tingkatan yaitu Foundation, Intermediate, dan Advance. Jenis assignment juga ada yang individu, team project, dan alternative. Sejauh ini saya belum paham mengenai bentuk alternative assignment. Yah, mungkin nanti akan dapat penjelasannya seiring berjalannya program.

Update, alternative assignment diperuntukkan bagi students yang belum sempurna ketika mengerjakan assignment intermediate. Jadi, ini semacam tugas perbaikan.

Saya menyelesaikan assignment pertama saya saat Jum’at sore (di Orientation Week tidak ada assignment). Sebenarnya sudah dapat gambaran dari hari kedua saat simulasi, tapi saya tidak langsung mengerjakannya. Ini kebiasaan buruk menilai dari pernyataan saat sharing session malam harinya. Lebih baik menyicil assignment dari yang paling sulit terlebih dahulu dan usahakan tidak menunggu waktu deadline. Mungkin saya akan menggunakan approach yang sama di minggu-minggu selanjutnya.

Overall Impression

Overall dua minggu ini selama melaksanakan program saya dapat sangat banyak insight, berkenalan dengan orang baru, dan menambah koneksi di LinkedIn. Seperti yang saya katakan di LinkedIn post, saya masih cukup excited mengingat perjalanan program ini baru dimulai. Masih ada 12 minggu lagi, hahaha.

Saya tidak merasa overwhelmed saat awal-awal ini karena sudah punya sedikit gambaran mengenai digital marketing. Sebelumnya juga saya pernah mengikuti kelas gratis tentang Facebook Ads, yang turned out, mentor Facebook Ads saya juga salah satu pemateri di RevoU.

Rencana saya untuk minggu-minggu selanjutnya saya ingin selalu melaksanakan advance assignment. Lihat saja bagaimana hasilnya.

Satu lagi. Saya juga akan menuliskan tentang perjalanan saat awal mendaftar RevoU FSDM Program dan tips bagaimana saya eligible untuk jalur fast track pada dua program (Full Stack Digital Marketing dan SEO Advance). Keep in touch!

Comments