Online Course Terpanjang yang Pernah Saya Ikuti

Online Course Terpanjang yang Pernah Saya Ikuti

Mencoba untuk lebih memanfaatkan kebiasaan belajar hingga larut malam sampai menggeser waktu tidur yang saya adopsi selama perkuliahan sarjana, di masa penghujung perkuliahan profesi apoteker ini saya mengisinya dengan menyelesaikan berbagai online course. Mengikuti kursus daring adalah hobi lain saya yang telah saya tekuni selama beberapa tahun terakhir, dan sebagai online course enthusiast saya akan bercerita sedikit tentang online course terpanjang yang pernah saya ikuti ini.

Sebenarnya saya sudah memulai course ini jauh-jauh hari, namun beberapa kali harus mengatur ulang deadline penyelesaiannya dikarenakan harus mementingkan perkuliahan utama saya terlebih dahulu, mendahulukan PKPA, dan terakhir persiapan UKAI.

Online Couse Terpanjang Saya

Judul dari online course yang saya beri label “terpanjang” ini adalah Essentials of Global Health yang dapat diakses via Coursera. Course ini diproduksi oleh Yale University. Durasi course ini 65 jam yang dibagi menjadi 6 modul dengan masa belajar 10 minggu, yang berarti 2 setengah bulan. Disampaikan oleh Richard Skolnik, penulis buku teks akademik Global Health 101 yang sudah banyak digunakan dalam perkuliahan di seluruh dunia.

Course ini membahas tentang Global Health secara keseluruhan yang dibagi menjadi banyak sub judul mulai dari burden of disease, manajemen dan keuangan dalam penanggulangan penyakit, Neglected Tropical Diseases, Emerging and Remerging ID, sampai dengan Anti-microbial Resistance.

Informasi lebih lengkap mengenai course ini dapat diakses di sini.

Online couse ini adalah online course saya yang keempat di Coursera. Sebelumnya saya telah menyelesaikan 3 online course tentang COVID-19. Bicara tentang Coursera, saya pernah membagikan informasi terkait online course gratis di tulisan ini. Saya juga pernah menulis tentang online course di luar topik kesehatan, yaitu tentang Marketing Fundamentals dari Google di sini.

Apa pentingnya membahas tentang Global Health?

Kesehatan masyarakat secara umum sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup setiap orang. Ada pengaruh timbal balik antara tingkat kejahatan, keamanan, kondisi ekonomi, kondisi politik, dll terhadap kesehatan suatu masyarakat. Pembelajaran mengenai hal ini dan bagaimana cara agar memaksimalkannya menjadi sangat penting dan merupakan salah satu kontribusi dalam menciptakan kestabilan dan kemakmuran masyarakat, daerah, negara, dan dalam skala global, dunia.

Resources

Hal yang unik menurut saya dari course ini adalah sangat banyak bahan bacaan yang disediakan dibandingkan dengan materi videonya, yang biasanya dalam banyak online course merupakan konten utama. Course ini membagikan banyak sekali resource mulai dari buku, artikel, dan laman web kredibel untuk belajar lebih lanjut mengenai Global Health. Juga ada format discussion prompt, yang tidak terdapat di course lain yang pernah saya selesaikan.

Review

Overall, menurut saya course ini well balanced. Course ini bisa jadi sangat membosankan tanpa hal-hal unik yang telah saya sebutkan sebelumnya, jadi dengan adanya hal-hal tersebut akan sangat membantu para pelajar untuk mempertahankan tempo dan semangat belajar selama jadwal 10 minggu course ini. Bagian favorit saya dalam online course ini adalah tentang antibiotik. Saya juga pernah menyatakan ini di Twitter. Hal yang membuat bagian ini menjadi favorit saya adalah karena penggunaan antibiotik sangat berhubungan dengan area yang saya geluti sebagai apoteker. Meskipun referensi yang digunakan berasal dari Amerika, yang oleh karena itu memiliki sedikit perbedaan dengan penggunaan dan manajemen antibiotik di Indonesia, sedikit banyak bagian ini telah memberikan insight kepada saya dan memancing rasa penasaran untuk terus belajar mengenai hal ini.

Satu lagi topik yang sangat menarik perhatian bagi saya adalah tentang mental health, yang dikatakan oleh Prof. Skolnik,
The first thing I want to highlight is that the burden of mental health disorders is large, it's underestimated and in most countries, it's also very much underappreciated.
Meskipun kesadaran masyarakat tentang mental health di Indonesia sudah mulai meningkat akhir-akhir ini, mental health masih butuh perhatian besar untuk ditangani dan edukasi masyarakat secara luas tentang ini masih jadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Terlebih akibat pandemi, tingkat kecemasan dan hal-hal berkaitan tentang mental health meningkat dan butuh usaha dan kesadaran banyak orang untuk menangani hal ini. Saya sebagai apoteker juga sedikit banyak mempelajari hal ini dari aspek edukasi, pengobatan, dan penanganan non-farmakologis.

Essentials of Global Health Course via Coursera

Informasi yang saya peroleh dan proses belajar inilah yang sangat saya nikmati ketika belajar melalui online course, dan hal ini membuat saya menerapkan salah satu prinsip dari Nine Star Pharmacist yaitu Life Long Learner. Hal ini juga yang membuat saya terus merasa enjoy dalam dan untuk belajar.

Terbitnya tulisan ini menandai bahwa saya telah berhasil menyelesaikan course tersebut dan ini merupakan self reward bagi saya. Saya sangat menikmati course ini dan tentu saja akan mencoba untuk menyelesaikan course lain, terus belajar, dan mengembangkan diri.

Sertifikat Essentials of Global Health Course dari Coursera

Pembelajaran daring telah meningkat sejak tahun lalu, terutama dikarenakan Pandemi COVID-19. Saya punya banyak resources yang ingin dibagikan terkait hal ini. Mungkin saya akan membuat tulisan khusus untuk itu di lain kesempatan. Bagi siapapun yang ingin memulai perjalanan berburu online course, saya sarankan untuk segera menggali informasi dan memanfaatkan kesempatan secepatnya. Saya memperoleh banyak diskon hanya karena bergerak sedikit lebih cepat dari yang lainnya. Namun tidak perlu khawatir, yang terpenting adalah menikmati proses belajarnya. Beberapa  platform terbaik untuk mulai menyelesaikan online course dan memperoleh sertifikat bagi saya adalah Coursera, FutureLearn, dan Udemy. Semoga membantu!

Keep learning, keep writing.

Comments